Jangan Asal Pilih, Ini 5 Tips Memilih Lantai Rumah yang Tepat

Selain dinding dan atap, ada komponen lain yang tak kalah penting dalam sebuah rumah. Salah satunya adalah lantai. Foto: Shutterstock Selain dinding dan atap, ada komponen lain yang tak kalah penting dalam sebuah rumah. Salah satunya adalah lantai. Foto: Shutterstock

Jakarta: Selain dinding dan atap, ada komponen lain yang tak kalah penting dalam sebuah rumah. Salah satunya adalah lantai. Bukan hanya menjadi bagian fundamental dalam dekorasi ruangan, lantai membuat tampilan rumah menjadi menarik.

Namun, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum memilih lantai rumah. Dilansir dari Medcom.id, simak lima tips memilih lantai rumah yang tepat:

 

1. Anggaran

Banyaknya varian harga dan model keramik yang dijual dipasaran membuat Anda harus jeli dalam memilih keramik. Apakah Anda ingin memilih keramik murah namun berkualitas biasa saja atau Anda ingin membeli keramik mahal yang sesuai dengan keinginan Anda dan memiliki kualitas yang baik. Pilihan ada pada Anda, tentunya dengan menyesuaikan budget yang Anda miliki.

2. Ukuran

Tips memilih keramik yang kedua ini sangatlah penting untuk Anda lakukan agar mendapatkan desain ruangan yang manis dan indah dilihat mata. Sesuaikan warna dan juga ukuran keramik yang Anda gunakan pada satu ruangan tertentu, entah itu pada dapur, kamar mandi, maupun ruang keluarga.

Anda harus pintar menyesuaikan ukuran keramik lantai dengan ruangan rumah. Perlu Anda ketahui, semakin besar ukuran sebuah keramik pada ruangan, akan membuat tampilan ruangan tersebut menjadi lebih luas.

3. Warna

Tak ketinggalan juga untuk seleksi warna. Jika ruangan anda kurang sinar matahari yang masuk, pilihan warna terang menjadi alternatif terbaik, begitu juga sebaliknya.

Tips memilih keramik yang ketiga ini perlu Anda terapkan pada semua ruangan rumah. Entah itu dapur, kamar mandi, kamar tidur, ruang tamu, dan juga ruang keluarga agar memperoleh hasil yang maksimal sesuai keinginan.

4. Tekstur

Perlu Anda ketahui, lantai keramik memiliki beberapa model dan jenis glasur. Beberapa diantaranya seperti glossy (mengkilap), satin, matte atau bertekstur. Hal inilah yang membedakan licin tidaknya lantai keramik.

Untuk kamar mandi dan dapur misalnya, sebisa mungkin pilihan keramik yang memiliki tekstur yang tidak rata. Gunanya, agar tidak licin saat Anda gunakan untuk aktivitas dan mobilisasi.

5. Kualitas

Hal yang tidak kalah penting dalam memilih keramik adalah dengan memeriksa standar peruntukannya. Keramik lantai tentunya harus tahan air, noda, dan tidak boleh licin.

Anda harus memastikan bahwa pemilihan keramik khususnya untuk penggunaan kamar mandi, dapur, hingga kolam renang tidak licin karena berhubungan dengan keselamatan Anda di rumah.


(UWA)

Berita Terkait