Renovasi Benteng Van Den Bosch Ngawi, Pekerja Temukan Ini

Sejumlah benda kuno ditemukan saat merenovasi Benteng Van Den Bosch Ngawi (Foto / Istimewa) Sejumlah benda kuno ditemukan saat merenovasi Benteng Van Den Bosch Ngawi (Foto / Istimewa)

NGAWI : Ratusan peluru dan beberapa benda yang diduga merupakan benda cagar budaya ditemukan saat proses renovasi Benteng Van Den Bosch Ngawi atau Benteng Pendem Ngawi. Tak hanya itu ada juga struktur dinding yang ada di sekitar kawasan benteng. Bahkan, juga koin-koin lawas yang diduga digunakan saat era kolonial.

“Ada beberapa benda sekaligus struktur cagar budaya yang kami temukan saat proses renovasi. Semuanya kami kumpulkan dan kami serahkan ke Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB),” ungkap Any Virgiani PPK PSPO dan PBL Balai Prasarana Permukiman Jawa Timur Kementerian PUPR, Kamis 21 Oktober 2021.

Baca Juga : CEO Twitter Ejek Rencana Metaverse Mark Zuckerberg

Namun, Any masih belum tahu, struktur tersebut merupakan bangunan yang batal diselesaikan atau justru bangunan yang sudah dirobohkan. Selebihnya, jika nanti bisa dilakukan ekskavasi tentu bisa jadi lokasi wisata edukasi.

“Dinding itu nanti bakal kami ekspos, kalau bisa nanti ditunjukkan supaya mendukung wisata edukasi,” kata Any.


(ADI)

Berita Terkait