HUT Pramuka Ke-60 Tahun, Khofifah Minta Anggota Aktif Sosialisasi Prokes dan Tepis Hoaks

Ketua Majelis Pembina Daerah (Mabinda) Pramuka Jatim, Khofifah Indar Parawansa (Foto / Hum) Ketua Majelis Pembina Daerah (Mabinda) Pramuka Jatim, Khofifah Indar Parawansa (Foto / Hum)

SURABAYA : Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta seluruh anggota Pramuka aktif mensosialisasikan protokol kesehatan (Prokes) untuk menekan penyebaran covid-19. Hal ini disampaikannya bertepatan pada momen Hari Pramuka yang diperingati setiap tanggal 14 Agustus.

"Pada HUT Pramuka ke-60 tahun ini, saya sampaikan terima kasih kepada semua jajaran Pramuka yang secara serentak melakukan vaksinasi, donor darah dan donor plasma konvalesen," kata Khofifah yang juga menjabat sebagai Ketua Majelis Pembina Daerah (Mabinda) Pramuka Jatim, Sabtu 14 Agustus 2021.

Dia berharap, seluruh anggota Pramuka dapat membantu pemerintah untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya vaksinasi dan disiplin protokol kesehatan. Pramuka juga harus mampu menjadi pencerah atas maraknya berbagai kabar negatif dan berita bohong (hoaks) yang bertujuan membuat situasi bangsa menjadi gaduh.

BACA JUGA : Keren, Mahasiswa Unair Ciptakan Obat Diare Anak Berbahan Kelamin Landak Laut

"Pesan saya, jangan pernah bosan dan capek untuk mengedukasi masyarakat. Gunakan cara-cara yang santun agar apa yang disampaikan bisa diterima dengan baik. Salam Pramuka,” katanya.

Menurut Khofifah, sejak awal Juni 2021, terjadi tren peningkatan kasus covid-19 yang diperparah dengan munculnya varian baru Delta. Hal itu membuat fasilitas kesehatan dan para nakes di Tanah Air mendapatkan tekanan cukup besar.

Pemerintah akhirnya menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dan percepatan vaksinasi. Hasilnya dalam beberapa hari terakhir, kebijakan ini mulai menunjukkan hasil positif sehingga terjadi penurunan tren pertambahan kasus harian serta kasus aktif yang makin melandai.

 


(ADI)

Berita Terkait