Candi Tawangalun Sidoarjo Ambrol

Kondisi Candi  Tawangalun di Desa Buncitan,  Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo. (metrotv) Kondisi Candi Tawangalun di Desa Buncitan, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo. (metrotv)

SIDOARJO: Candi Tawangalun di Desa Buncitan,  Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo ambrol.  Penyebabnya, diduga karena termakan usia dan cuaca ekstrem.

Dari pantuan di lokasi, Selasa 21 September 2021, kondisi Candi Tawangalun peninggalan kerajaan Majapahit ini  terlihat ambrol pada bagian sisi barat.

Material batu bata ukuran besar, seperti candi peninggalan Majapahit pada umumnya terlihat berserakan di tanah. Juru kunci candi mencoba  menahan dengan kayu agar ambrolnya  tidak semakin parah.

BACA: Bantuan Australia Rp 32 Miliar Dikorupsi, Warga Bromo Geruduk Kejari

"Sudah mulai mbrol sejak 12 September lalu. Selain hujan dan ngi, usia candi ini juga sudah sangat tua, " ujar Ahmad Aaiful Munir, juru kunci Candi Tawangalun.

Pihak juru kunci sudah melaporkan kejadian ini ke Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur di Trowulan Mojokerto.  Untuk sementara, candi ini yang lokasinya di belakang sekolah Akademi Perikanan Sidoarjo juga sudag ditutup bagi pengunjung.

 


(TOM)

Berita Terkait