Kiriman Uang dari TKI ke Ponorogo Meningkat 50 Persen

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

PONOROGO : Banyaknya TKI (Tenaga Kerja Indonesia) asal Ponorogo di berbagai negara, membuat remiten atau kiriman uang dari luar negeri meningkat jelang lebaran Idulfitri tahun ini. Tren peningkatan pengiriman uang ini, selalu terjadi pada momen-momen keagamaan seperti ini.

“Trennya selalu meningkat untuk pengiriman uang dari luar negeri menjelang lebaran Idulfitri,” Kata Kepala Kantor Pos Ponorogo, Dedy Nuraditya, Jumat 29 April 2022.

Tren peningkatan pengiriman uang ini, kata Dedy, mencapai 50 persen dibandingkan dengan bulan-bulan biasa. Remiten juga mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan menjelang Idulfitri tahun lalu. Namun, dirinya enggan menyebutkan nominal uang yang dikirim ke bumi reog.

Jika merujuk pengalaman-pengalaman sebelumnya, jumlahnya mencapai miliaran. “Puncak pengiriman uang dari luar negeri di Kantor Pos Ponorogo terjadi pada Senin tanggal 25 April 2022,” katanya.

Baca juga : Puncak Arus Mudik, PT KAI Daop 8 Surabaya Berangkatkan 20.377 Penumpang

Dedy mengungkapkan, remiten ini berasal dari negara-negara yang menjadi tujuan PMI dalam bekerja di luar negeri. Seperti Malaysia, Singapura, Hongkong, Taiwan, Korea Selatan hingga negara-negara Timur Tengah.

“Ya pengirimannya sebagian besar dari negara-negara tujuan PMI. Kalau dari Ponorogo, paling banyak ya dari Hongkong dan Taiwan,” pungkasnya.

Kabupaten Ponorogo sebagai salah satu kantong para pekerja migran di Jawa Timur. Sekiranya tidak mengherankan jika selama ini Ponorogo selalu mendominasi remiten tertinggi, minimal di bekas karenasidena Madiun. Tentu ini sangat berefek positif kepada pertumbuhan ekonomi yang mulai pulih pasca badai pandemi Covid-19.

 


(ADI)

Berita Terkait