5 Jenis Kacang Paling Menyehatkan

Kacang macadamia tinggi akan kandungan thiamin, yaitu vitamin B1, mangan, dan tembaga. (ist) Kacang macadamia tinggi akan kandungan thiamin, yaitu vitamin B1, mangan, dan tembaga. (ist)

CLICKS.ID: Kacang bukan hanya enak buat cemilan, namun juga banyak manfaatnya untuk kesehatan. Kacang-kacangan dikenal banyak mengandug nutrisi, apa saja?

"Semua kacang tinggi protein, serat, lemak sehat, dan magnesium untuk membuat kenyang dan membangun tulang serta otot yang lebih kuat, kata Maggie Michalczyk, R.D, seorang ahli nutrisi.

Dikutip dari Women's Health, berikut ini lima jenis kacang-kacangan yang dianggap paling sehat oleh para ahli:

1. Kacang mete

"Kacang mete memiliki lebih banyak zat besi daripada kacang lainnya, sehingga kamu bisa mengonsumsi jenis kacang ini jika mengalami kekurangan nutrisi. Tekstur kacang mete yang creamy juga membuatnya bisa digunakan menjadi pengganti produk susu yang luar biasa," ujar Kelly R. Jones, seorang ahli diet dan nutrisi.


2. Kacang macadamia

Michalczyk mengatakan kacang macadamia tinggi akan kandungan thiamin, yaitu vitamin B1, mangan, dan tembaga. Juga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sehat, yang sering ditemukan dalam alpukat atau minyak zaitun

"Jenis kacang ini juga sangat baik ditambahkan dalam salad atau akan menjadi masakan yang lebih bernutrisi jika ditambahkan pada ikan atau kacang," jelasnya.

 
3. Kacang tanah

"Kacang tanah, sebenarnya bukan kacang tetapi bagian dari keluarga kacang-kacangan, namun tetap saja kacang tanah adalah sumber protein yang baik dan kaya akan vitamin serta mineral yang berbeda, seperti magnesium dan fosfor," kata Michalczyk.

Kamu dapat memetik manfaatya dengan mengonsumsi selai kacang, tetapi cobalah untuk tidak berlebihan. Pasalnya, selai kacang tinggi kalori, maka maksimal mengonsumsi selai hanya dua sendok makan per hari.


4. Kacang pistachio

Kacang Pistachio bisa dijadikan camilan karena kandungan gizi dan antioksidan yang tinggi. Mereka adalah salah satu kacang dengan konsentrasi lutein dan zeaxanthin tertinggi yang dapat meningkatkan kesehatan mata.

"Beberapa penelitian menunjukkan bahwa dengan mengupas kulit kacang terlebih dahulu sebelum memakannya dapat mencegah makan berlebihan," ungkap Michalczyk.


5. Kacang walnut

Walnut adalah sumber asam lemak omega-3 yang sangat penting untuk diet dan membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Mereka mengandung kalori dan lemak yang tinggi dibandingkan dengan kacang lainnya, tetapi itu adalah lemak sehat yang dibutuhkan tubuh  yang akan membantu tubuh untuk tetap kenyang lebih lama.

 


(TOM)

Berita Terkait