Larangan Mudik Diperpanjang, KA Lokal Tetap Beroperasi Seperti Biasa

Perjalanan lokal kereta api masih tetap normal (Foto / Metro TV) Perjalanan lokal kereta api masih tetap normal (Foto / Metro TV)

MALANG : Larangan mudik belum berpengaruh pada perjalanan kereta api lokal di Daop 8. Hingga saat ini manajemen PT KAI masih mengoperasikan seluruh rangkaian kereta api lokal untuk semua rute.

Manager Humas PT KAI DAOP 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan, belum ada instruksi dari kementerian perhubungan terkait operasional KA lokal. Karenanya, operasinal berjalan seperti biasa.

"Kami masih tunggu (instruksi), termasuk aturan pada masa pelarangan perjalanan jarak jauh itu," katanya, Jumat 23 April 2021.

Luqman mengatakan, sejauh ini penghentian operasional kereta api yang dilakukan hanya berlaku pada kereta api jarak jauh dan menengah.

"Penjualan tiket KA jarak jauh 6-17 memang nggak ada. Kami sudah stop pemesannya, terakhir perjalanan KA jarak jauh tanggal 5 pagi. Hanya pagi saja, sore nggak ada. Untuk KA lokal kami masih menunggu," tuturnya.

Namun, pihaknya tak mau berasumsi akan ada pelarangan operasional juga bagi KA lokal di periode 6-17 Mei mendatang. Sebab, sejauh ini belum ada instruksi apa pun dari Kementerian Perhubungan.

"Apa pun keputusan pemerintah akan kami patuhi. Saya tidak mau berasumsi. Penjualan tiket KA lokal juga masih kami layani, seminggu sebelum keberangkatan. Kan tanggal 6 Mei masih jauh. Ini masih akan di akhir bulan," tuturnya.

Pihaknya pun menegaskan, untuk masa pra-pelarangan mudik yang ditetapkan pemerintah pusat sejak 22 April-5 Mei 2021, sejumlah perjalanan KA baik jarak jauh dan KA lokal masih beroperasi normal.

Hanya masa berlaku tes covid-19 yang menang diperpendek. Misalnya tes swab antigen dari masa berlaku 3 x 24 jam, menjadi 1 x x 24 jam. Diketahui, PT KAI DAOP 8 Surabaya mengoperasikan 46 KA lokal, mulai dari KA Penataran, KA Tumapel, KA Dhoho, KA Ekonomi Lokal Bojonegoro, KA Ekonomi lokal relasi Surabaya-Kertosono, KA Komuter Sulam, dan KA Jenggala.

 


(ADI)

Berita Terkait