Kenapa Hari Disabilitas Internasional Diperingati? Ini Sejarahnya!

Logo hari disabilitas internasional 2020. Sumber: kemensos.go.id Logo hari disabilitas internasional 2020. Sumber: kemensos.go.id

Clicks: Hari Disabilitas Internasional atau International Day of Persons with Disabilities (IDPwD) diperingati setiap tahunnya pada 3 Desember. Hari peringatan ini lahir untuk menyadarkan orang di seluruh dunia bahwa kita harus menghargai dan memahami tantangan yang dihadapi para penyandang disabilitas. Hari Disabilitas Internasional memang memiliki tujuan yang sangat mulia, kira-kira ada kisah apa ya di balik penetapan hari peringatan tersebut?

Dilansir dari un.org, pada 1922, Hari Disabilitas Internasional (International Day of Disabled Persons) diproklamasikan dan ditetapkan pada 3 Desember oleh resolusi Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa 47/3. Pada 18 Desember 2007, Majelis Umum PBB mengubah nama International Day of Disabled Persons menjadi International Day of Persons with Disabilities.

Hari peringatan ini bertujuan untuk mempublikasikan pemahaman tentang disabilitas. Gerakan berupa dukungan untuk hak dan kesejahteraan penyandang disabilitas juga perlu dilakukan. Selain itu, masyarakat harus berupaya untuk meningkatkan kesadaran perihal manfaat yang akan diperoleh dari integrasi penyandang disabilitas dalam setiap aspek kehidupan politik, sosial, ekonomi, dan budaya.

Hari Disabilitas Internasional juga menjadi penting untuk membangun kepekaan masyarakat terhadap penyandang disabilitas. Penyandang disabilitas terkadang merasa tidak terlihat dalam kehidupan sosial. Atas dasar tersebut, khusus hari ini, diharapkan masyarakat untuk menyampingkan kesibukannya dan mencoba untuk membangun percakapan dengan penyandang disabilitas.

Ketika para penyandang disabilitas terlihat mengalami kesulitan di area publik maupun pada transportasi umum, cobalah untuk membantu mereka. Dengan hanya memberikan senyuman kepada penyandang disabilitas, tentunya hal itu akan sangat dihargai oleh mereka. Inilah yang harus disadari oleh masyarakat kita untuk lebih menyadari keberadaan mereka di dunia.

Selamat Hari Disabilitas Internasional! Semoga para penyandang disabilitas di seluruh dunia bisa mendapatkan hak dan kesejahteraannya dalam berbagai aspek kehidupan..

 


(SYI)

Berita Terkait