Kocak, Puluhan ODGJ Ikut Lomba Balap Karung

Aksi balap karang para ODGJ di Halaman Liponsos Keputih Surabaya/metrotv Aksi balap karang para ODGJ di Halaman Liponsos Keputih Surabaya/metrotv

SURABAYA: Sebanyak 60 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), warga binaan Lingkungan Pondok Sosial (Liponsos) Keputih Kota Surabaya mengikuti beragam lomba dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia, Senin 8 Agustus 2022.  

Warga binaan ini, merupakan ODGJ yang hampir sembuh dari sakitnya. Sehingga mereka bisa mengikuti kegiatan dengan wajar dan mudah diatur dalam lomba yang digelar di Halaman Liponsos Keputih Surabaya.

Berbeda dengan lomba balap karung pada umumnya, kali ini lomba balap karung dipadu dengan joget tik tok yang tengah populer di kalangan masyarakat. Para peserta wajib mengenakan helm pengaman. Kemudian, di tengah lintasan peserta wajib menari atau berjoget tik tok dengan diiringi lagu. Gerakan pun bebas sesuai keinginan peserta.

BACA: Semarak Kemerdekaan, Nama Agus Bisa Makan Gratis di Warung Tuban

"Selain memberi hak sebagai warga negara untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, kegiatan ini juga bisa menjadi terapi bagi kejiwaan para ODGJ, " ujar Anna Fajriatin, Kepala Dinas Sosial Kota Surabaya.

Sejumlah peserta mengaku senang karena jarang ada kegiatan lomba seperti ini. Meski baru pertama kali mengikuti lomba sejumlah peserta tidak tampak kesulitan dengan arahan dari panitia lomba.

Tidak hanya warga binaan, karyawan Liponsos Keputih Surabaya juga ikut berpartisipasi memeriahkan lomba menyambut hari kemerdekaan republik indonesia k1-77 ini. Usai berlomba para warga ODGJ yang bersedia mengikuti lomba ini juga mendapat hadia yang diserahkan pada saat puncak perayaan HUT Kemerdekaan, 17 Agustus nanti.  

 


(TOM)