Lagi, Bocah SD Jombang Meninggal Usai Vaksin

Ibu NSG, Marwatul menunjukkan foto anaknya (Foto / Metro TV) Ibu NSG, Marwatul menunjukkan foto anaknya (Foto / Metro TV)

JOMBANG : Kematian siswa SD usai vaksin di Jombang kembali terulang. Kali ini korbannya adalah murid kelas IV SDN di Kecamatan Mojowarno, Jombang, berinisial NSG (9). Meninggalnya NSG merupakan kejadian kedua. Karena sebelumnya, seorang murid SDN kelas VI asal Kecamatan Jogoroto, MBS (12), juga meninggal.

“Anak saya meninggal sekitar pukul 05.00 Wib atau sekitar subuh tadi saat dirawat di RSUD Jombang,” kata Marwatul (51), ibu dari NSG, Jumat 31 Desember 2021.

NSG adalah anak ke-empat dari pasangan suami istri, Joko dan Marwatul (51), warga Desa Catakgayam, Kecamatan Mojowarno. Marwatul menjelaskan, NSG mengikuti vaksinasi pada Rabu 22 Desember 2021 di sekolahnya. Keesokan harinya, NSG mengalami gejala demam.

Bahkan pada Jumat 24 Desember 2021, gejala itu semakin parah. Demam pada bocah kelas IV SD tersebut makin tinggi dan disertai muntah. Selain itu, badan NSG juga bentol-bentol mirip biduran. Karena panasnya tak kunjung turun, keluarga memutuskan membawa NSG ke pengobatan alternatif, namun upaya itu tak membuahkan hasil.

Baca Juga : Bocah SD di Jombang Meninggal Usai Vaksin, Begini Penjelasan Dinkes

Pihak keluarga kemudian membawa NSG ke Puskesmas, tapi lagi-lagi demamnya tak juga menurun. Bahkan, tubuhnya semakin membengkak. Karena tidak ada perubahan, NSG dirujuk ke RSUD Jombang. Namun, dokter juga tidak bisa menjelaskan penyakit apa sebenarnya yang dialami NSG.

Bahkan, saat itu, bocah perempuan ini hampir dirujuk ke Rumah Sakit dr Soetomo Surabaya. “Namun belum sempat dirujuk, anak saya meninggal usai subuh tadi. Kami belum mengetahui apa yang menyebabkan anak saya meninggal dalam kondisi seperti itu,” ungkapnya.

Apakah NSG punya riwayat sakit tertentu? Marwatul menjelaskan, sebelum vaksinasi, kondisi anaknya sehat dan tidak memiliki riwayat alergi apapun. “Dia cukup sehat. Tidak memiliki riwayat penyakit tertentu. Makanya saya juga bingung,” kata Marwatul.

Kabar meninggalnya NSG juga sampai ke Bupati Jombang Mundjidah Wahab. Oleh karena itu, orang nomor satu di Jombang ini melakukan takziah ke rumah duka. Bupati Jombang datang bersama rombongan. Mereka menyampaikan bela sungkawa kepada keluarga atas meninggalnya NSG.

Sayangnya, ketika diminta tanggapan terkait meninggalnya NSG usai menjalani vaksinasi, Mundjidah memilih irit bicara. Dia hanya mengatakan akan menggelar jumpa pers pada Jumat pukul 16.00 WIB. “Nanti sore saja jumpa pers,” katanya singkat.

Namun, janji Bupati Mundjidah itu tak terlaksana. Karena dari Dinas Kominfo Jombang memndadak menyampaikan pemberitahuan bahwa jumpa pers ditunda. Hal senada juga dikatakan Wabup Sumrambah. Dia tak mau mengomentari peristiwa itu. “Nanti, nanti saja,” kata Sumrambah.

Sementara itu, Kapolsek Mojowarno AKP Yogas mengatakan bahwa kasus tersebut dalam penanganan Dinas Kesehatan (Dinkes) Jombang. Yogas hanya mengungkapkan bahwa vaksin yang digunakan untuk NSG adalah jenis Sinovac. “Vaksinnya jenis Sinovac,” kata Yogas singkat.


(ADI)

Berita Terkait