2 Ekor Rusa di Ngawi Mati Mendadak, Waspada PMK!

Penangkaran rusa timor Wana Wisata Monumen Soerjo Ngawi, Jawa Timur/metrotv Penangkaran rusa timor Wana Wisata Monumen Soerjo Ngawi, Jawa Timur/metrotv

NGAWI: Dua ekor rusa di lokasi penangkaran rusa timor Wana Wisata Monumen Soerjo Ngawi, Jawa Timur ditemukan mati mendadak. Pihak pengelola sempat khawatir kematian rusa ini akibat penyakit mulut dan kuku (PMK).  

Muhammad Senja Pebruadi, petugas penangkaran rusa menjelaskan, 2 ekor rusa itu mati secara misterius pada 3 Juni dan 8 Juni. Kematian itu membuat rusa dalam penangkaran saat ini tinggal 28 ekor.

"Sebelum mati kedua rusa itu mengalami gejala klinis mirip PMK seperti munculnya lesi pada mulut serta keluar cairan dari hidung dan mulut. Otopsi dokter hewan setempat menunjukkan hasil terindikasi PMK, " ujarnya.  

Dari hasil itu, lanjut Senja,  pihaknya segera berkoordinasi dengan Dinas Perikanan dan Peternakan. Laporan tersebut ditindaklanjuti dengan pengambilan sampel lendir dan darah untuk memastikan penyebab kematian.

BACA: 87.865 Kasus PMK Ditemukan di Jatim

Pemeriksaan Balai Besar Veteriner (BBVET) Wates, Yogyakarta dilakukan terhadap 6 ekor rusa yang ada di sekitar atau kontak erat dengan rusa yang mati. Pengambilan sampel pada bagian lendir dan darah.

"Hasil pada bagian lendir diketahui negatif PMK. Namun  untuk hasil pemeriksaan darah masih belum keluar, " ujarnya.   

Sementara Administratur KPH Perhutani Ngawi, Tulus Budyadi mengatakan, puluhan rusa Wana Wisata Monumen Soerjo sejatinya hidup terisolasi dari hewan luar penangkaran.

"Namun potensi tertular PMK tetap terbuka melalui perantara manusia. Kami juga segera menyiapkan langkah mitigasi terhadap setiap pengunjung yang harus steril sebelum memberikan makan agar rusa benar-benar aman dari PMK, " ujarnya.

Diketahui, rusa di penangkaran Wana Wisata Monumen Soerjo telah ada sejak 1994. Awalnya hanya ada 4 ekor rusa yang didapat dari KPH Blitar dan kini terus berkembang dan ada yang mati sehingga total sekarang ada 28 ekor rusa.

 


(TOM)