Bunga Anggrek Budidaya Asal Malang Tembus Pasar Taiwan

Bupati Malang M Sanusi (ketiga kanan) pada saat melihat bunga anggrek yang dibudidaya oleh Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesma) Singosari, di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin malam (19/2/2024). ANTARA/HO-Prokop Bupati Malang M Sanusi (ketiga kanan) pada saat melihat bunga anggrek yang dibudidaya oleh Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesma) Singosari, di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin malam (19/2/2024). ANTARA/HO-Prokop

Malang: Bunga anggrek hasil budidaya Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesma) Singosari di Desa Toyomarto, Malang, Jawa Timur, berhasil menembus pasar ekspor Taiwan. Sebanyak 14 rumpun anggrek Dendrobium Seedling perdana dikirim ke Taiwan melalui Bandara Internasional Juanda.

“Tanaman anggrek budidaya BUMDesma Singosari, untuk pertama kalinya bisa ekspor. Terima kasih atas dukungan penuh dari semua pemangku kepentingan hingga menjadikan sejarah baru bagi Kabupaten Malang," kata Bupati Malang M Sanusi dikutip dari Antara pada Rabu, 21 Februari 2024.

Ekspor perdana ini adalah hasil kerja keras dari seluruh pemangku kepentingan, mulai tingkat desa hingga pusat. Sanusi berharap ekspor anggrek ini dapat terus berlanjut hingga skala yang lebih besar. Harapannya, ekspor anggrek asal Malang ini mampu membuka peluang ekspor yang luar biasa untuk seluruh pegiat anggrek di Indonesia.

Wilayah Kabupaten Malang merupakan kabupaten terluas kedua di Jawa Timur dengan luas 3.531 kilometer persegi. Potensi untuk mengembangkan budidaya anggrek sangat besar.

“Harapannya bisa terus berlanjut dan dikembangkan lebih besar lagi. Kabupaten Malang merupakan wilayah yang cocok untuk mengembangkan budidaya anggrek ini,” jelas Sanusi.


(SUR)

Berita Terkait