Prediksi Italia Vs Spanyol: Uji Kecerdikan Kedua Pelatih

Jadwal semifinal Euro 2020 (Foto / Istimewa) Jadwal semifinal Euro 2020 (Foto / Istimewa)

JAKARTA : Duel panas akan tersaji di semifinal Euro 2020 antara Italia vs Spanyol. Keduanya merupakan tim paling menyerang di Euro 2020 kali ini. Laga akan berlangsung di Stadion Wembley, Rabu 7 Juli 2021 pukul 02.00 WIB.

Italia lolos ke semifinal usai mengalahkan salah satu kandidat juara Belgia 2-1. Gol Nicola Barella dan Lorenzo Insigne hanya bisa dibalas satu gol dari Romelu Lukaku. Sementara, Spanyol harus susah payah lolos ke semifinal Euro 2020. Kemenangan Spanyol baru didapat usai mengalahkan Swiss lewat adu penalti setelah bermain imbang 1-1 hingga babak tambahan.

Duel antara Italia dan Spanyol ini diprediksi akan berjalan ketat. Sebab, secara statistik Italia dan Spanyol cukup berimbang. Contohnya, dari sisi penyerangan, Spanyol melakukan sebanyak 365 kali, sedangkan Italia diperingkat kedua dengan total 296 penyerangan

Dari jumlah angka penyerangan itu, Italia 101 kali membuat peluang, sementara Spanyol ada di bawahnya dengan 95 kali membuat peluang. Jumlah gol pun kedua tim hampir seimbang. Spanyol lebih unggul dengan 12 gol sedangkan Italia 11 gol.

BACA JUGA : Jadwal Semifinal Euro 2020: Italia Lawan Spanyol, Inggris Vs Denmark

Tak hanya itu, kedua tim juga memiliki barisan gelandang yang mahir mengontrol pemainan. Hal itu terbukti dari kedua tim berada di posisi teratas soal penguasaan bola.

Spanyol rata-rata melakukan penguasaan bola 67,2 persen, sedangkan Italia sebanyak 55,2 persen. Jumlah passing sukses keduanya paling banyak di antara peserta Euro 2020 yang lain, Spanyol melakukan 3.856 passing sukses, di susul Italia dengan 2.674 kali passing sukses.

Data-data di atas menunjukkan Italia dan Spanyol memiliki kekuatan yang seimbang. Secara head to head pun, keduanya memiliki rekor yang imbang. Dari 37 pertemuan, Italia menang 11 kali, Spanyol pun juga menang 11 kali dan 15 pertandingan berakhir imbang.

Untuk itu, kecerdikan strategi dari masing-masing pelatih yang akan menentukan pemenang di laga itu. Terlebih kedua pelatih baik Roberto Mancini dan Luis Enrique memiliki kesamaan formasi identik yakni 4-3-3. Namun, kedua pelatih dihadapkan dengan masalah yang sama yakni kehilangan salah satu pemain andalannya.

Mancini dipastikan tidak bisa menurunkan Leonardo Spinazzola karena cedera. Kemungkinan posisi Spinazzola akan digantikan oleh Emerson. Sementara Enrique, kemungkinan tidak bisa menurukan winger andalannya Pablo Sarabia karena cedera. Dani Olmo bisa menjadi pilihan Enrique mengisi posisi Sarabia.

 


(ADI)