Aksi Prajurit Korps Marinir TNI AL Berhasil Rebut dan Kuasai Pantai Musuh

Aksi prajurit Korps Marinir TNI AL, US Navy dan US Marine melaksanakan Operasi Amfibi saat menyerang markas musuh (Foto / Dispen Kormar) Aksi prajurit Korps Marinir TNI AL, US Navy dan US Marine melaksanakan Operasi Amfibi saat menyerang markas musuh (Foto / Dispen Kormar)

SITUBONDO : Di tengah gelap gulita dan deburan ombak lautan Jawa, prajurit Korps Marinir TNI AL, US Navy dan US Marine melaksanakan Operasi Amfibi untuk merebut serta menguasai pantai yang dikuasai musuh di sepanjang pantai Banongan Situbondo Jawa timur dalam tahap Sea Phase dan Operasi Amfibi Latgab CARAT (Cooperation Afloat Readiness And Training) 2022, Senin 19 Desember 2022.

Operasi diawali dengan Pendaratan Khusus (Ratsus) yang dilaksanakan oleh pasukan Taifib 2 Korps Marinir TNI AL dan US Recon untuk melaporkan konfirmasi pantai pendaratan. Tim Terjun Tempur (Junpur) melaksanakan penerjunan sebagai peninjau depan penembakan Arteleri.

Tahap Sea Phase ini kemudian dilanjutkan dengan Operasi Amfibi menggunakan Ranpur Tank BMP 3F, LVT 7 A-1, KAPA K-61 dan Assault Amphibious Vehicles (AAV) / LVTP-7,- Landing Craft Air Cushion (LCAC) 25, Light Armored Vehicle (LAV), Joint Light Tactical Vehicle (JLTV) milik US Navy/Marine mendarat dan menumbur pantai pendaratan mendaratkan pasukan Infanteri.

Untuk memperbesar kemenangan dan memperokporandakan kekuatan musuh, dilaksanakan bantuan tembakan Meriam How 105. Serangan dilanjutkan dengan Pertempuran Kota untuk merebut dan menguasai kota yang dikuasai musuh.

baca juga : Presiden Jokowi Serahkan Bansos untuk Masyarakat Jawa Timur

Simulasi ini merupakan bagian skenario Latma Korps Marinir TNI AL dan US Navy-Marines yang pelaksanaanya disaksikan oleh Danpasmar 2 Brigadir Jendral TNI (Mar) Suherlan, Danguspurla II Laksamana Pertama TNI Deny Prasetyo, serta Commanding Officer 2d Battalion 4th Marines Lieutenant Colonel Jared Reddinger.


(ADI)

Berita Terkait