Pekerja Migran yang Tiba di Juanda Akan Menjalani Karantina

Petugas Dishub Jatim saat mendata para pekerja migran yang tiba di Bandara Juanda , Selasa 4 April 2021 (Foto / Reno Reksa / Metro TV) Petugas Dishub Jatim saat mendata para pekerja migran yang tiba di Bandara Juanda , Selasa 4 April 2021 (Foto / Reno Reksa / Metro TV)

SIDOARJO : Gelombang kedatangan pekerja migran Indonesia (PMI) melalui Bandara Internasional Juanda di Sidoarjo masih terus berdatangan. Seperti yang terpantau pada Selasa siang 4 Mei 2021. Ratusan PMI yang tiba di Juanda dibawa ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya untuk menjalani masa karantina.

"Kami siapkan bus untuk membawa para pekerja migran ke asrama haji untuk menjalani masa karantina 2 hari," terang Kasi Keterpaduan Multi Moda Dishub Jatim, Sumarni.

Dia mengatakan para PMI akan menjalani tes swab PCR setibanya di Asrama Haji dan dilanjutkan masa karantina selama dua hari. Setelah itu, para pekerja migran akan dijemput oleh pemkab/pemkot guna dibawa ke daerah masing-masing dan masih akan menjalani 3 hari masa karantina.
 
"Baru setelah itu mereka boleh pulang. Ini semuanya demi keselamatan bersama," imbuh Sumarni.

Selain itu, khusus pekerja migran yang bukan berasal dari Jawa Timur, tetap akan menjalani karantina selama 5 hari di Surabaya. Rinciannya 2 hari di Asrama Haji Sukolilo dan 3 hari di Gedung Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Jawa Timur.

Setelah selesai menjalani masa karantina, nantinya seluruh pekerja migran akan dibekali dengan surat keterangan negatif covid-19 berdasarkan hasil test swab PCR yang dilakukan di masing-masing daerah.

Sementara, hari ini dijadwalkan ada tiga jadwal kedatangan pekerja migran di Bandara Internasional Juanda yang berasal dari Malaysia dan Singapura.

"Nanti kedatangan terakhir jam 19.30 dari Kuala Lumpur," pungkas Sumarni.


(ADI)

Berita Terkait