Mengenal 7 Lapis Langit dalam Islam, Siapa Saja Penghuninya?

Ilustrasi langit. Foto: Pexels.com Ilustrasi langit. Foto: Pexels.com

Clicks: Kemarin, seluruh umat Islam berlomba-lomba untuk memperbanyak amalan. Ya, Isra Mikraj tahun ini jatuh pada Kamis, 11 Maret 2021. 

Isra Mikraj menceritakan kisah yang sangat bermakna dalam sejarah Islam. Peristiwa Isra Mikraj merupakan perjalanan rohani yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW.

Dalam perjalanan Mikraj, Rasulullah melewati tujuh lapis langit dan bertemu dengan beberapa Nabi pilihan Allah. Ia harus melewati berlapis-lapis langit tersebut hingga akhirnya bertemu dengan Allah SWT.

Dalam surat At-Talaq ayat 12, Allah pun berfirman:

Allahullazi khalaqa sab’a samawatiw wa minal-ardi mislahuun, yatanazaalul-amru bainahunna liat’lamu annallaha ‘ala kulli syai ing qadiruw wa annallaha qad ahata bikulli syai in ‘ilma

Artinya: “Allah-lah yang menciptakan tujuh langit dan seperti itu pula bumi. Perintah Allah berlaku padanya, agar kamu mengetahui bahwasanya Allah MahaKuasa atas segala sesuatu, dan sesungguhnya Allah ilmu-Nya benar-benar meliputi segala sesuatu.”

Dilansir dari Umma, berikut penjelasan tentang kisah perjalanan Rasulullah pada ketujuh langit yang perlu ditembus beserta penghuninya.

1. Langit tingkat pertama

Pada tingkatan langit pertama, Rasulullah dipertemukan dengan Nabi Adam AS. Pertemuan ini, dihiasi dengan Rasulullah dan Nabi Adam bertegur sapa. Kemudian, Rasulullah pun melanjutkan perjalanannya.

2. Langit tingkat kedua

Rasulullah dikisahkan bertemu dengan Nabi Isa AS dan Nabi Yahya AS pada langit tingkat kedua ini. Kedua pun bersikap ramah kepada Rasulullah. Tak hanya itu, mereka pun mendoakan kebaikan untuk Rasulullah sebelum ia kembali melanjutkan perjalanannya.

3. Langit tingkat ketiga

Sesampainya di langit tingkat ketiga, Rasulullah dipertemukan dengan Nabi yang merupakan manusia tertampan ciptaan Allah SWT, siapakah itu? Ya, nabi itu adalah Nabi Yusuf AS. 

Dalam kesempatan itu, Nabi Yusuf memberikan sebagian ketampanannya kepada Rasulullah. Tak lupa, ia juga mendoakan kebaikan untuk Rasulullah seperti yang dilakukan oleh Nabi Isa dan Nabi Yahya sebelumnya.

4. Langit tingkat keempat

Selanjutnya, Rasulullah dipertemukan dengan Nabi Idris AS di langit tingkat keempat. Nabi Idris dikenal sebagai seorang nabi yang diberikan anugerah berupa pengetahuan. Selain itu, ia juga merupakan manusia pertama yang mengenal tulisan.

5. Langit tingkat kelima

Pada langit tingkat kelima, Rasulullah bertemu dengan Nabi Harun AS. Nabi Harun merupakan saudara Nabi Musa AS yang selalu mendampingi Nabi Musa ketika berdakwah kepada kaum Bani Israil. Ia juga hadir ketika Nabi Musa mengajak Raja Fir’aun untuk beriman kepada Allah SWT.

6. Langit tingkat keenam

Di langit ini, Rasulullah mendapatkan sambutan yang hangat dari Nabi Musa AS. Sambutan tersebut diberikan layaknya sahabat yang sudah lama tidak bertemu. Nabi Musa pun mendoakan Rasulullah agar selalu mendapatkan kebaikan dalam setiap urusannya.

7. Langit tingkat ketujuh

Terakhir, Rasulullah dipertemukan dengan Nabi Ibrahim AS yang dikenal sebagai bapaknya para Nabi. Nabi Ibrahim pun mengajak Rasulullah menuju Sidratul Muntaha untuk nantinya bertemu dengan Allah SWT.

Sidratul Muntaha digambarkan sebagai pohon dengan keindahan yang tidak ada bandingannya dan tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Di pohon inilah Rasulullah berdialog dengan Allah SWT. Pada momen ini, Rasulullah pun mendapatkan perintah untuk menjalankan ibadah salat wajib lima waktu dalam sehari.


(SYI)

Berita Terkait