6 Bulan Ditutup, Jalur Pendakian Arjuno-Welirang Kembali Dibuka

Gunung Arjuno-Welirang (Foto / Istimewa) Gunung Arjuno-Welirang (Foto / Istimewa)

MOJOKERTO : Pendakian Gunung Arjuno Welirang di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo kembali dibuka setelah 6 bulan tutup akibat cuaca ekstrem. Kepala UPT Tahura Raden Soerjo, Akhmad Wahyudi mengatakan bahwa pendakian kembali dibuka sejak Sabtu 18 Maret 2023.

"Setelah kami melakukan assessment, jalur pendakian Gunung Arjuno-Welirang kami putuskan dibuka kembali sejak Sabtu (18/3) kemarin," jelas Kepala UPT Tahura R Soerjo, Akhmad Wahyudi, Minggu 19 Maret 2023.

Wahyudi menerangkan bahwa pertimbangan pembukaan kembali jalur pendakian itu karena sudah meredanya intensitas hujan dan cuaca ekstrem di wilayah Gunung Arjuno-Welirang. "Saat ini intensitas hujan jauh menurun, cuaca sudah mulai stabil, jalur pendakian juga nyaman setelah kita bersihkan," ungkapnya.

baca juga : Meninggal, Perempuan di Blitar Nekat Tabrakan Diri ke Kereta Api

Diungkapkan oleh Wahyudi bahwa selama ditutup sejak awal Oktober 2022, UPT Tahura Raden Soerjo telah melakukan berbagai kegiatan konservasi tanam pohon. "Dalam waktu sepuluh tahun nanti mungkin hasilnya bisa terlihat, karena pertumbuhan pohon di gunung agak lama," pungkasnya.

 


(ADI)

Berita Terkait