KPU Kota Surabaya Lantik 155 Anggota PPK untuk Pilkada 2024

Ratusan PPK mengikuti proses pelantikan di Kantor KPU Kota Surabaya pada Kamis, 16 Mei 2024. Foto: ANTARA-Ananto Pradana  Ratusan PPK mengikuti proses pelantikan di Kantor KPU Kota Surabaya pada Kamis, 16 Mei 2024. Foto: ANTARA-Ananto Pradana

Surabaya: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya melantik 155 anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) untuk Pilkada serentak 2024 di Kantor KPU Kota Surabaya. Pelantikan panitia PPK tersebut dihadiri oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Forkopimda, dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) wilayah setempat.

Kepala KPU Kota Surabaya, Nur Syamsi, mengatakan PPK terlantik tersebut telah mengikuti serangkaian mekanisme pendaftaran hingga seleksi yang berlangsung pada 23 April-13 Mei 2024. Pengumuman hasil tes dan penetapan dilakukan pada 14-15 Mei 2024.

Ratusan anggota PPK itu berasal dari 31 kecamatan dan setiap wilayah nantinya akan diisi oleh lima orang PPK saat proses pemungutan suara pada 27 November 2024.

Syamsi mengatakan, PPK yang dilantik dalam waktu dekat akan langsung mengikuti tahapan bimbingan teknis (bimtek) untuk mengetahui tugas dan wewenang yang lebih rinci.

"Pada Pilkada Surabaya 2024 bersamaan dengan Pilkada Jawa Timur, jadi tugasnya ada tambahan dibanding tugas PPK di tahun 2020," kata Syamsi dikutip dari Antara, Kamis, 16 Mei 2024.

Selain itu, KPU Surabaya juga mulai mempersiapkan pemutakhiran data karena Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah menyerahkan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) kepada KPU RI.

"Tahapan terdekat penetapan PPS tanggal 26 Mei. Kemudian PPK dan PPS koordinasi membentuk petugas untuk memutakhiran data pemilih," ucap dia.

Di sisi lain, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan 155 PPK terlantik itu dapat bekerja dengan mengutamakan integritas dan bersikap netral di seluruh tahapan Pilkada 2024. Hal ini dilakukan agar masyarakat dapat menjaga kepercayaannya kepada KPU dan juga dapat menghasilkan pemimpin yang baik.

Wali Kota Eri Cahyadi juga meminta kepada PPK agar secepatnya melakukan sosialisasi terkait tahapan Pilkada Surabaya secara masif kepada masyarakat agar dapat berjalan dengan nyaman, aman, dan penuh persaudaraan.


(SUR)

Berita Terkait