Kunjungi Unusa, Konjen Jepang Tawarkan Pertukaran Mahasiswa

Rektor Unusa, Prof. Achmad Jazidie menyambut kedatangan Konsulat Jendral (Konjen) Jepang di Surabaya, Takeyama Kenichi (Foto / Hum) Rektor Unusa, Prof. Achmad Jazidie menyambut kedatangan Konsulat Jendral (Konjen) Jepang di Surabaya, Takeyama Kenichi (Foto / Hum)

SURABAYA : Lagi Unusa kedatangan tamu asing. Kali ini dikunjungi Konsulat Jendral (Konjen) Jepang di Surabaya, Takeyama Kenichi. Selin dalam rangka silaturahmi, kedatangan Takeyama ini juga menawarkan kerjasama. Salah satunya menawarkan program pertukaran mahasiswa.

Kedatang Konjen yang pasih berbahasa Indonesia itu disambut Ketua Yayasan Rumah Sakit Islam (Yarsis) Prof. Mohammad Nuh bersama Rektor Unusa Prof. Achmad Jazidie. Saat datang, Konjen yang baru menjabat pada Mei 2021, mendapatkan kalungan bunga dari Duta Kampus Unusa.

Dalam kunjungan itu, Konjen Jepang diterima di ruang rapat Rektorat lantai 8 Unusa. Setelah melakukan pembicaraan internal, Konjen Jepang berkunjung ke auditorium yang merupakan salah satu fasilitas yang dimiliki Unusa.

Dalam kunjungannya, Takeyama Kenichi tidak mengira akan disambut begitu besar di Unusa. Kunjungan ini dilakukan untuk membantu mahasiswa Unusa yang ingin ikut program pertukaran mahasiswa. "Saya ingin membantu mahasiswa Unusa yang ingin mengikuti pertukaran pemuda (Mahasiswa.red) ke Jepang," ujarnya, Selasa 15 Juni 2021.

BACA JUGA : Terjun ke SMK, 5 Dosen Unusa Ajarkan Pengecatan Gram

Takeyama juga menjelaskan jika peminat bahasa Jepang di Jawa Timur cukup besar, kondisi ini membuat Jepang sangat mengapresiasi peminatan tersebut. Sehingga dirinya akan membantu remaja yang ingin belajar bahasa Jepang lebih baik. "Kita tidak segan untuk memberikan informasi Jepang kepada masyarakat yang memang tertarik dengan Bahasa Jepang," ungkapnya.

Sementara itu, Rektor Unusa, Prof. Achmad Jazidie menyambut baik rencana Konjen Jepang untuk melakukan pertukaran mahasiswa. Melalui kesempatan ini, Unusa akan berusaha untuk bisa merealisasikan rencana tersebut. "Ini langkah yang cukup bagus untuk remaja atau mahasiswa kita untuk belajar banyak hal selama berada di Jepang," ucapnya.

Jazidie berharap bisa berkerjasama dengan Jepang dalam memajukan pendidikan di Indonesia. "Kedepannya kita berharap bisa menjalin kerjasama yang cukup bagus untuk dunia pendidikan di Unusa dengan Jepang," pungkasnya.


(ADI)

Berita Terkait