Buah Lai Asal Kalimantan, Mirip Durian Tapi..

Buah Lai asal Kalimantan ini mirip durian tapi baunya tak menyengat (Foto / Istimewa) Buah Lai asal Kalimantan ini mirip durian tapi baunya tak menyengat (Foto / Istimewa)

SURABAYA : Durian merupakan salah satu buah yang memiliki aroma khas. Buah ini memiliki ciri berduri dengan daging yang lembut. Bagi sebagian orang tidak menyukai durian karena aromanya yang menyengat. Ada juga sebagian orang yang menyukai dan menganggap durian adalah buah paling lezat.

Selain durian, Anda juga harus mengenal buah lai dari Kalimantan. Buah lai, memiliki kesamaan dengan durian. Buah ini memiliki nama latin Durio kutejensis, adalah tumbuhan yang masih satu keluarga dengan durian meski memiliki satu perbedaan signifikan, yaitu baunya yang tidak menyengat. Selain dari segi bau, buah lai juga berukuran lebih kecil dari durian dengan daging buah yang berwarna lebih mencolok.

Mengutip melalui Instagram IndoFlashlight, buah Lai dapat ditemukan di Kalimantan dan Sumatera. Lai memiliki warna oranye dan biasa disebut oleh penduduk sekitar sebagai durian kuning, durian tinggang, durian pulu, dan juga nama-nama lain, seperti ruas, nyekak, pekawai, dan lain-lain.

"Buah lai ini memiliki kandungan triptofan yang cukup tinggi, sehingga dapat memperbaiki mood seseorang. Bagaimana, apakah kalian tertarik memakan buah Lai?" tulis Instagram @indoFlashlight dikutip Kamis 9 September 2021.

BACA JUGA : Potret 3 Restoran Unik Dunia, Menikmati Nuansa Bawah Laut Hingga Toko Buku

Dari segi pohon, buah lai biasanya tumbuh di pohon yang berukuran sedang, tingginya sekitar 24 meter. Daun pohonnya juga tak jauh berbeda dengan pohon durian pada umumnya, jadi akan sedikit sulit membedakan pohon durian dan pohon lai bagi orang awam. Selain berbau tak menyengat, buah lai dikenal kaya akan serat, kalium, vitamin C, dan vitamin B kompleks.

Lai juga mengandung triptofan yang tinggi dan dianggap bisa memperbaiki suasana hati orang yang memakannya. Dikutip dari WikiWand, karena rasa buahnya yang manis dan tak berbau, lai menjadi buah yang lebih disukai dari durian di beberapa wilayah ekspor seperti Queensland dan Brunei Darussalam.


(ADI)

Berita Terkait