Kesal Lingkungan Tercemar, Warga Kediri Lemparkan Limbah Debu Hitam ke Pabrik Gula Pesantren

Warga memprotes pabrik tebu yang mengotori lingkungan (Foto / Istimewa) Warga memprotes pabrik tebu yang mengotori lingkungan (Foto / Istimewa)

KEDIRI : Ratusan warga Kelurahan Ketami dan Desa Tugurejo, Kediri, demonstrasi di depan Pabrik Gula Pesantren, Selasa 27 Juni 2023. Mereka melemparkan limbah debu ke pabrik tersebut. Aksi itu dilakukan sebagai bentuk kekecewaan mereka atas limbah pabrik gula yang mengotori lingkungan.

Warga sengaja membawa limbah debu berwarna hitam tersebut untuk menggambarkan apa yang mereka rasakan selama bertahun-tahun dari dampak aktivitas pabrik gula.

"Untuk kondisi saat ini dampak lingkungan sangat hebat sekali, terutama di suara dan debu dan asap dari pembakaran sangat hebat sekali," ujar warga terdampak limbah, Cahyo Handoko.

Warga menghamburkan debu berwarna hitam. Akibatnya, suasana sekitar lokasi seperti berkabut tebal kehitaman. Sebagian dari para demonstran memakai masker. Sejumlah polisi yang mengamankan lokasi tampak kewalahan menenangkan warga di tengah kabut debut hitam.

baca juga : 2 Pelaku Penyelundupan Sabu di Rutan Ponorogo Diringkus, Begini Modusnya

Dalam aksi tersebut warga membawa sejumlah poster berisi tuntutan yang menggambarkan penderitaan yang dialami warga akibat limbah debu yang dihasilkan dari aktivitas pabrik gula tersebut.

Sementara itu, pihak Pabrik Gula Pesantren Kediri masih mempertimbangkan tuntutan tersebut. Keputusan dari tuntutan dari mediasi dengan warga akan disampaikan pada pekan depan.

 


(ADI)

Berita Terkait