Hati-hati, Gelombang Tinggi di Pacitan Mencapai 6 Meter

Nelayan di Pacitan memilih tidak melaut. (metrotv) Nelayan di Pacitan memilih tidak melaut. (metrotv)

PACITAN: Masyarakat di Pacitan Jawa Timur,  khususnya para nelayan dihimbau untuk berhati-hati saat beraktifitas di laut. Sebab, kondisi gelombang sedang tinggi, mencapai 4 hingga 6 meter.

Gelombang tinggi terlihat di Pantai Wawaran,  Desa Sidomulyo, Kecamatan Kebonagung, Selasa 25 Oktober 2021.  Ombak cukup besar menyapu hingga ke daratan. Ditambah lagi  angin kencang yang berhembus  membuat arus air menjadi lebih kuat.

Kondisi membuat ratusan nelayan setempat memilih tidak melaut. Salah satu nelayan, Arie Setiawan mengatakan cuaca buruk ini terjadi sejak satu hari lalu. Ketinggian gelombang di tengah laut bisa mencapai enam meter.

BACA: Aktivis Trenggalek Tolak Tambang Emas

"Sangat membahayakan sehingga sebagian besar nelayan memilih tidak melaut dan menunggu hingga kondisi cuaca stabil, " ujarnya.

Sementara Kepala BPBD Pacitan menjelaskan  gelombang tinggi yang terjadi ini akibat perubahan cuaca ekstrim pengaruh dari pancaroba. Gelombang tinggi ini diperkirakan akan berlangsung hingga beberapa hari ke depan

"Ini terjadi mulai dari perairan Aceh hingga NTT.  Masyarakat, khususnya para nelayan dihimbau untuk berhati-hati dengan kondisi ini karena sangat beresiko terhadap keselamatan, " ujarnya.


(TOM)

Berita Terkait