BLT BBM Mulai Disalurkan di Kota Malang

Warga Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, mendapat dana Bantuan Langsung Tunai (BLT), di Aula Kelurahan Pandanwangi, Kamis 8 September 2022. Dokumentasi/ Kominfo Kota Malang Warga Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, mendapat dana Bantuan Langsung Tunai (BLT), di Aula Kelurahan Pandanwangi, Kamis 8 September 2022. Dokumentasi/ Kominfo Kota Malang

MALANG: Sebanyak 319 warga Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur, menerima dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Aula Kelurahan Pandanwangi, Kamis, 8 September 2022.

BLT ini disalurkan  PT Pos Indonesia kepada warga yang masuk dalam kategori Kelompok Penerima Manfaat (KPM). Dana BLT yang diterima warga sebesar Rp500 ribu. Rinciannya dana BLT BBM senilai Rp150 ribu per bulan disalurkan untuk dua bulan sekaligus serta program sembako September 2022 senilai Rp200 ribu.

Lurah Pandanwangi, Fauzan Indra Saputra, mengatakan program pemerintah ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang membutuhkan. Terutama setelah adanya kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubdisidi.

BACA: Harga Tiket Kapal Kalianget-Kangean Naik 21%, Warga Sumenep Bingung!

"Adanya penyesuaian harga BBM, diharapkan dengan adanya bantuan ini dapat mempertahankan daya beli masyarakat. Untuk penerimanya, sudah ada BNBA atau by name by address-nya. Jadi kami hanya menyampaikan undangannya saja. Datanya dari DTKS Kementerian Sosial," kata Fauzan.

Fauzan mengaku penyaluran BLT ini diberikan tanpa potongan apapun oleh pihak manapun. Jika masyarakat menjumpai adanya pemotongan dalam penyaluran BLT, warga diminta melapor ke nomor WA 081223330332 (PT Pos Indonesia) atau 08111022210 (Kemensos RI) dengan melampirkan bukti terkait.

"KPM yang akan mengambil hak BLT-nya harus membawa surat pemberitahuan serta menunjukkan KTP dan/atau kartu keluarga asli. Penyaluran BLT ini diharapkan dapat tepat sasaran dan dapat benar-benar digunakan dengan bijak oleh penerimanya. Dalam surat pemberitahuan yang dibagikan sebelumnya juga disampaikan bahwa dana BLT ini tidak diperkenankan untuk membeli rokok, minuman keras, dan narkotika," jelasnya.

Salah satu penerima BLT, Siti Fatimah, warga Jalan Teluk Grajakan, mengaku, bersyukur atas adanya BLT ini. Diakuinya, BLT ini dapat membantu ekonomi keluarga.

"Syukur Alhamdulillah, kami masih diberi bantuan untuk menambah ekonomi keluarga. Semoga bantuan ini tetap ada, tidak berhenti, karena saya masih butuh biaya unyuk anak sekolah juga. Bapaknya kerja bangunan yang kadang kerja, kadang enggak," ungkapnya.

Sedangkan Sujiatiningsih, warga Kelurahan Pandanwangi, menyampaikan terima kasihnya atas penyaluran BLT ini. Bantuan ini diharapkan dapat bermanfaat.

“Bantuan ini sangat bermanfaat, soalnya kan saya sudah tidak kerja, kaki sakit. Suami saya juga tidak bekerja karena sakit, buta. Jadi tidak ada pemasukan, ada dari anak tapi juga sekadarnya,” bebernya.

Selain KPM di Kelurahan Pandanwangi, pada hari ini juga disalurkan BLT kepada KPM di 33 kelurahan lainnya di Kecamatan Blimbing, Klojen, dan Kedungkandang. Sedangkan untuk KPM di 23 kelurahan yang ada di wilayah Kecamatan Sukun dan Lowokwaru, BLT akan disalurkan pada esok hari.

 


(TOM)

Berita Terkait