Pemkab Mojokerto Bagikan 1.500 Meter Keramik untuk Industri Kecil 

Penyerahan bantuan keramik di Kabupaten Mojokerto (ANTARA/ HO Pemkab Mojokerto) Penyerahan bantuan keramik di Kabupaten Mojokerto (ANTARA/ HO Pemkab Mojokerto)

Bupati Mojokerto, Jawa Timur, Ikfina Fahmawati menyerahkan bantuan keramik hibah sebanyak 1.500 meter persegi dari PT Arwana. Bantuan tersebut dibagikan kepada 33 industri kecil menengah (IKM) makanan dan minuman yang belum memiliki tempat produksi layak.

"Bantuan hibah keramik tersebut disalurkan untuk menunjang tempat produksi IKM yang bersih dan aman sehingga bisa meningkatkan kualitas produk para pelaku IKM di wilayah Kabupaten Mojokerto," ujar Ikhfina, dilansir dari Antara, Jumat, 23 September 2022.

Ikfina mengatakan para pelaku IKM harus memastikan proses produksi makanan dan minuman dilakukan secara aman dan tidak membahayakan. Salah satu caranya dengan memiliki tempat produksi mendukung dengan tingkat kebersihan tinggi.

Untuk itu, pihaknya bekerja sama dengan beberapa pabrik keramik yang ada di Mojokerto untuk menunjang tempat produksi para pelaku IKM agar aman dan higienis. Kolaborasi ini juga dilakukan untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.

"Tentunya ini suatu peluang yang bisa kita lanjutkan. Kami libatkan pabrik keramik yang ada di Mojokerto," kata dia. 

Selanjutnya, pihaknya akan melakukan pendataan IKM yang memiliki tempat produksi belum layak.  "Ini nanti dengan data yang mendukung serta alamat yang jelas. Saya yakin dari perusahaan besar pasti akan mau bekerja sama," kata dia.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mojokerto, Iwan Abdillah, mengatakan keramik yang dihibahkan berasal dari bantuan CSR PT Arwana yang bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kemenperin. Nantinya akan ada 33 IKM yang menerima bantuan tersebut.

BACA: Pemkab Mojokerto Fasilitasi Budi Daya Ikan Air Tawar


(UWA)