Pemkab Mojokerto Fasilitasi Budi Daya Ikan Air Tawar

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati saat panen raya di tambak ikan tawar milik BUMDes Ngingasrembyong, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Rabu (31/8/2022). ANTARA/HO-Pemkab Mojokerto. Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati saat panen raya di tambak ikan tawar milik BUMDes Ngingasrembyong, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Rabu (31/8/2022). ANTARA/HO-Pemkab Mojokerto.

Clicks.id: Pemerintah Kabupaten Mojokerto memfasilitasi budi daya ikan air tawar di Desa Ngingasrembyong, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, supaya bisa lebih maju dan berkembang. Desa Ngingasrembyong diharapkan bisa mengembangkan potensi perikanan ini sehingga menjadi salah satu dari desa sentra perikanan.

"Kalau memang nanti sudah berkembang hasilnya bagus saya maunya ikan yang dijual ke luar, bukan hanya berupa ikan segar, tetapi sudah berbentuk olahan ikan siap makan, jadi nilai ekonominya bisa lebih tinggi," kata Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, dikutip dari Antara, Rabu, 31 Agustus 2022.

Pihaknya akan mengagendakan koordinasi lebih lanjut guna mendukung perkembangan wisata desa yang digagas. Salah satunya, Desa Ngingasrembyong dikelilingi oleh sungai-sungai besar yang berpotensi meluap saat musim hujan tiba. 

Sedikitnya ada 20 hektare lebih lahan pertanian yang tergenang air sudah tidak bisa dimanfaatkan lagi oleh masyarakat Desa Ngingasrembyong akibat tergenang air hingga saat ini. Untuk itu, kata dia, hal tersebut membuat Pemerintah Desa Ngingasrembyong berinisiatif untuk menjadi sentra perikanan, serta mendukung program pemerintah terkait ketahanan pangan.


(SUR)