Libas Myanmar 3-1, Timnas U-23 Bertemu Malaysia di Semifinal

Istimewa Istimewa

JAKARTA : Timnas Indonesia U-23 memastikan tiket ke semifinal SEA Games 2021. Melawan Myanmar di partai pamungkas Grup A, Fachrudin Cs menang 3-1 (3-0) di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Minggu 15 Mei 2022. Di semifinal, kemungkinan timnas akan bersua Malaysia.

Di awal babak pertama, Garuda Muda langsung mengambil inisiatif menyerang lebih dulu. Sektor kiri pertahanan Myanmar dieksploitasi Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan.Egy Maulana Vikri mendapat peluang perdana pada menit keempat. Namun, tendangan kerasnya di dalam kotak penalti lawan masih melambung jauh dari mistar gawang.

Dua menit berselang, kebuntuan pun akhirnya terpecahkan lewat kombinasi Egy dan Irfan Jauhari. Egy membuka skor 1-0 usai memanfaatkan bola rebound yang dibuat Irfan di dalam kotak penalti. Tak butuh waktu lama, skor langsung berubah 2-0, tepatnya menit ke-10.

Kali ini, Witan Sulaeman yang menjadi aktor dalam menggandakan keunggulan, diawali umpan cantik dari Ricky Kambuaya. Tendangannya meluncur mulus ke pojok kiri gawang milik Pyae Phyo. Keunggulan dua gol ini membuat permainan anak asuh Shin Tae-yong lebih lepas. Gempuran yang diberikans secara masif membuat barisan pertahanan Myanmar kerap kali kalang kabut.

High pressing Garuda Muda, yang tak begitu terlihat, membuat Myanmar menemukan permainannya pada menit 20-an. Karena itu, Myanmar sempat merobek gawang Ernando Ari menit ke-26. Beruntung, gol tersebut dianggap offside.

Myanmar terus mencoba membongkar barisan pertahanan Garuda Muda. Gempuran terus diberikan untuk memperkecil kedudukan jelang babak pertama bubaran. Namun, upaya tersebut selalu dipatahkan Ernando Ari tampil gemilang di bawah mistar.

Baca juga : Jelang Liga 1, Arema FC Akan Uji Kekuatan Dengan PSIS Semarang

Alih-alih mencetak gol, Myanmar malah kecolongan jelang turun minum. Adalah Marselino Ferdinan yang membuat Garuda Muda memimpin dengan skor 3-0 saat waktu istirahat tiba.

Namun memasuki babak kedua, tidak ada yang berubah dari permainan timnas. Tidak ada tambahan gol dari Garuda Muda. Justru sebaliknya, gawang Ernando malah kebobolan melalui kaki Win Naing Tun pada menit ke-67.

Pemain bernomor punggung 10 itu menerobos sisi kiri pertahanan Indonesia, lalu melepaskan tendangan kaki kiri yang mengenai Rizky Ridho dan berbelok arah. Kiper Ernando Ari pun tak bisa meredam tendangan yang berbelok arah tersebut. Hingga pertandingan usai, skor 3-1 untuk keunggulan Indonesia.


(ADI)

Berita Terkait