Mata Terasa Berat saat Nyetir? Yuk, Intip Tips Mengemudi Aman selama Ramadan di Sini

Foto: Pexels.com Foto: Pexels.com

Clicks: Siapa di sini yang merasa menjadi kurang produktif selama Ramadan 2021? Pasti sebagian besar dari kalian merasakan kondisi itu. Hal ini menjadi wajar karena saat puasa, kadar gula darah dalam tubuh kita menurun. Akibatnya, tubuh menjadi lemah serta otak sulit untuk berkonsentrasi yang berujung menyebabkan kantuk. 

Pola tidur yang tidak teratur selama berpuasa juga menyebabkan mata terasa berat ketika beraktivitas. Pastinya, kondisi ini sangat menganggu karena kantuk bisa hadir kapan saja dan tidak mengenal tempat. Misalnya, saat kita sedang mengemudi ke kantor.

Sering kali kita akan memaksakan untuk tetap mengemudi meski mata terasa sudah tidak kuat lagi untuk terbuka. Bahkan, ada yang tertidur sejenak saat menyetir kendaraan. Kalau ditanya kenapa mereka rela menyetir dalam keadaan mengantuk, pasti jawabannya antara ingin cepat-cepat sampai rumah atau agar tidak telat sampai di kantor. 

Baca juga: Tubuh Terasa Lemas, Begini Tips Agar Tetap Semangat Bekerja saat Ramadan

Melihat banyak orang yang mengalami kondisi itu, kami telah merangkum tips agar tetap waspada dan aman saat mengemudi selama Ramadan. Yuk, simak beberapa tips-nya sebagai berikut.

1. Perhatikan kecepatan mengemudi

Kondisi tubuh saat berpuasa tentunya berbeda dengan hari-hari biasanya. Salah satu masalah yang sering dialami pada Ramadan, yakni mengantuk. Apalagi ketika mengemudi, rasa kantuk yang hebat membuat kalian tidak fokus melihat jalan dan menganggu kemampuan mengemudi kalian. Untuk itu, hindarilah mengemudi dengan kecepatan tinggi. Sangat disarankan untuk tetap mengemudi pada kecepatan yang wajar dan konstan. Meski kalian sedang dikejar waktu, keselamatan tetap harus dinomorsatukan.

2. Jangan menyetel suhu AC terlalu dingin

Cuaca yang panas dan terik membuat kita menyetel suhu AC pada kondisi yang paling dingin. Hal itu membuat tubuh kita merasa nyaman karena bisa mengusir rasa panas dari tubuh. Pada saat bersamaan, hal itu juga berisiko mendatangkan kantuk. Atas dasar tersebut, para pengemudi mobil dianjurkan agar tidak menyetel suhu AC terlalu dingin karena udara dingin dapat menambah kantuk. 

3. Cari tempat yang aman dan tidur sejenak

Ketika kantuk mulai datang saat kalian mengemudi, janganlah memaksakan diri. Segera menepi ke tempat yang aman dan tidur sejenak. Tidurlah selama 15 menit untuk menghilangkan kantuk yang berlebihan. Aktivitas itu juga bisa menambah energi serta membuat kinerja otak menjadi lebih baik.

4. Perhatikan jenis makanan yang dikonsumsi 

Tahukan kamu, ternyata makanan yang dikonsumsi saat sahur dapat mempengaruhi kondisi tubuh lho. Konsumsilah karbohidrat kompleks yang terkandung dalam nasi merah, ubi, jagung, hingga roti gandum ketika sahur. Asupan potein dan lemak juga tidak boleh dilewatkan. Dikhawatirkan badan akan terasa lemas jika tidak mengonsumsinya. 

Kurangnya cairan pada tubuh atau biasa disebut dehidrasi juga dapat mengakibatkan kantuk yang hebat. Oleh karena itu, pastikan asupan cairan dalam tubuh terpenuhi dengan baik. Minumlah air putih minimal 2 liter pada rentang waktu buka puasa hingga azan subuh. 


(SYI)

Berita Terkait