Wajib Tahu! Ini 4 Cara Cegah Dehidrasi saat Berpuasa

Cara mengatasi dehidrasi saat berpuasa. Foto: Freepik Cara mengatasi dehidrasi saat berpuasa. Foto: Freepik

JAKARTA: Puasa Ramadan merupakan ibadah umat Islam untuk menahan hawa nafsu dari makan dan minum sampai waktu berbuka tiba. Oleh karena itu, terkadang kita merasakan dehidrasi ketika harus menjalani aktivitas normal sehari-hari, seperti belajar maupun bekerja.

Dehidrasi umumnya bersifat ringan dan tidak sampai mengancam nyawa. Meski begitu, kondisi ini tidak boleh diremehkan. Karena, dehidrasi bisa mengakibatkan tubuh lemas dan berkurangnya konsentrasi yang berefek pada aktivitas.

Dilansir dari Medcom.id, berikut empat cara mencegah dehidrasi saat berpuasa:

1. Konsumsi air sesuai kebutuhan

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mencegah dehidrasi saat berpuasa adalah mengonsumsi air dengan pengaturan waktu yang tepat. Para ahli dehidrasi Indonesia merekomendasikan pola minum 2-4-2.

Metode 2-4-2 ini mengatur Anda untuk minum delapan gelas air per harinya atau setara 2,5 liter. Dengan rincian, yaitu 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka, serta 2 gelas sebelum tidur.

BACA: 5 Cara Jaga Semangat Kerja Saat Berpuasa

2. Hindari minuman yang mengandung kafein

Siapa yang tidak menyukai kopi ataupun teh? Kebanyakan orang pasti menyukai atau hampir meminum salah satu dari minuman tersebut secara rutin. Namun, dibalik rasanya yang enak, minuman ini mengandung kafein yang dapat meningkatkan rasa haus apabila dikonsumsi secara berlebih.

Kafein memiliki efek diuretik yang meningkatkan produksi urine. Dengan begitu, garam dan air dari tubuh akan terbuang.

Jadi, hindari minum minuman yang mengandung kafein untuk menjaga diri kalian tetap terhidrasi selama berpuasa. Sebaiknya, tetap minum air putih dan pastikan kalian meminumnya sebanyak 2 sampai 2,5 liter pada rentang waktu berbuka puasa hingga azan subuh.

Perlu diingat, jika Anda tetap ingin minum minuman manis ataupun yang mengandung kafein. Lebih baik, setelahnya Anda minum air putih dengan jumlah yang lebih banyak.

3. Kurangi mengonsumsi makanan pedas dan asin

Makan makanan pedas dan asin dapat meningkatkan kebutuhan tubuh terhadap air. Sebaiknya, kurangi mengonsumsi makanan pedas dan asin. Cobalah pertahankan untuk memakannya dalam porsi kecil.

BACA: 4 Bahan Alami Atasi Bibir Pecah-pecah saat Berpuasa

4. Hindari paparan panas

Indonesia berada di wilayah iklim tropis. Kondisi itu membuat kita sulit untuk tidak terpapar udara yang panas. Tetapi, cobalah untuk menghindari panas sebanyak mungkin saat berpuasa.

Temperatur yang panas akan menyebabkan tubuh menjadi berkeringat. Hal itu akan berujung kepada hilangnya cairan pada tubuh. Sebaiknya, batasi waktu kalian di luar ruangan dan tetap menempatkan diri kalian di tempat yang teduh dan sejuk.


(UWA)

Berita Terkait