15 Juta Bahan Baku Vaksin Sinovac Tiba di Indonesia

Vaksin covid-19 dari Sinovac. Foto: AFP Vaksin covid-19 dari Sinovac. Foto: AFP

Clicks: Sebanyak 15 juta dosis vaksin covid-19 dalam bentuk bahan baku curah buatan perusahaan China, Sinovac, telah diterima oleh pemerintah Indonesia pada Selasa, 12 Januari 2021. Vaksin asal Tiongkok ini tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta sekitar pukul 12.20 WIB dengan menggunakan pesawat dari maskapai Garuda Indonesia.

“Kami bersama dengan Bapak Menteri Agama dan Direktur Utama Garuda Indonesia meninjau proses unloading vaksin Sinovac yang baru saja tiba di Tanah Air dengan jumlah sebanyak 15 juta dosis (vaksin covid-19 dalam bentuk bahan baku curah),” kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo, dalam konferensi pers pada Selasa, 12 Januari 2021.

Kedatangan 15 juta vaksin covid-19 ini menambah jumlah vaksin yang nantinya akan diberikan kepada masyarakat. Kini, total vaksin di Indonesia sebanyak 18 juta dosis vaksin dengan rincian 3 juta dosis vaksin jadi dan 15 juta vaksin dalam bentuk bahan baku curah.

Nantinya, bahan baku vaksin asal Tiongkok ini akan diolah lebih lanjut oleh PT Bio Farma. Kendati demikian, kehadiran vaksin harus diimbangi dengan kepatuhan dan kedisiplinan terhadap protokol kesehatan. 

“Bapak Presiden selalu mengingatkan para menteri dan khususnya Ketua Satgas Penanganan Covid-19 bahwa adanya vaksin ini jangan sampai membuat kita kendor (terhadap protokol kesehatan),” ucap Doni.

Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk selalu menerapkan 3M (mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak). Doni meminta agar penerapan 3M tidak hanya dilakukan oleh diri sendiri, tetapi juga harus ditularkan kepada orang sekitar.
 


(SYI)

Berita Terkait