Organda Pastikan Tarif Bus Ekonomi di Jatim Tak Naik saat Mudik Lebaran

Petugas mengecek kelaikan bus yang hendak digunakan mengangkut pemudik (Foto / Metro TV) Petugas mengecek kelaikan bus yang hendak digunakan mengangkut pemudik (Foto / Metro TV)

SURABAYA : Wakil Ketua DPD Organisasi Angkutan Darat (Organda) Jawa Timur (Jatim), Firmanyah Mustafa, memastikan tidak ada kenaikan tarif bus ekonomi saat masa mudik Lebaran. Dia memastikan tarif tetap sesuai yang ditetapkan Pergub.

"Tarifnya saat Lebaran nanti tetap seperti saat ini, tidak naik. Tarif ekonomi telah ditentukan dalam aturan Pergub (Peraturan Gubernur). Ada tarif batas bawah dan atas. Melebihi batas atas, jelas menyalahi aturan," kata Firman, Rabu 12 April 2023.

Dia mengatakan, jika ada yang menaikkan tarif untuk bus ekonomi akan berurusan dengan pelaksana kebijakan. Perusahaan otobus (PO) bisa mendapatkan sanksi berupa teguran. "Bahkan jika ditemukan bukti kuat, bisa juga mendapat sanksi hingga pencabutan izin trayek," katanya.

Menurutnya, yang boleh naik adalah tarif bus non-ekonomi. Firman menyarankan tiket non-ekonomi, agar penumpang membayar ketika berada di dalam bus atau membelinya di agen-agen resmi. "Jangan percaya dengan calo-calo yang menawari tiket non-ekonomi. Beli saja di agen resmi," tuturnya.

baca juga : 3 Komplotan Spesialis Pecah Kaca Mobil di Surabaya Tertangkap

Firman mengatakan, menghadapi Lebaran nanti, pihaknya telah melakukan pengecekan terhadap kesiapan kendaraan. Awak bus seperti sopir, kernet, dan kondekturnya juga dicek kesehatan. "Kami tidak tahu apakah akan ada penambahan armada atau tidak. Yang pasti sudah kami siapkan jika sewaktu-waktu dihubungi untuk tambah armada," ujarnya.

Dia mengaku optimistis akan terjadi lonjakan penumpang, karena antusiasme masyarakat yang dua tahun sebelumnya tidak bisa mudik karena pandemi Covid-19.


(ADI)

Berita Terkait