ABK Tewas Tercebur ke Laut Gresik saat Hendak Angkut Pupuk ke Padang

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

GRESIK : Kru KM Sahabat Prima VIII tewas tenggelam usai jatuh ke laut di dekat Dermaga Petrokimia Gresik. Dia tercebur usai terlempar tali sling crane yang putus saat kapal muatan pupuk itu hendak berlayar ke Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

“Korban sudah ditemukan dalam kondisi meninggal dunia,” ujar Dirpolairud Polda Jatim, Kombes Pol Puji Hendro Wibowo, Jumat 16 Juni 2023.

Adapun identitas korban yakni Andika Mardiyanto (26), warga Dusun Kaligandu, Desa Kliro, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang. Puji menjelaskan, KM Sahabat Prima VIII dengan muatan pupuk semula hendak berangkat dari Dermaga Petrokimia Gresik dengan tujuan Teluk Bayur, Padang Sumatera Barat (Sumbar). Lantaran hendak berlayar, tangga gangway kapal kemudian dipindahkan.

Saat proses pemindahan dilakukan, tiba-tiba tali sling crane kapal putus dan menimpa Andika. Korban yang berdiri di bawah tali tersebut terlempar dan terjatuh ke laut. “Setelah mendapat laporan peristiwa tersebut, Tim SAR gabungan gerak cepat melakukan pencarian korban di sekitar TKP,” ujar Puji.

baca juga : Ratusan Bacaleg di Kabupaten Blitar Belum Lengkapi Surat Bebas Narkoba

Setelah dilakukan pencarian selama dua hari, korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia tidak jauh dari lokasi dilaporkan tenggelam. Selanjutnya, jenazah korban dibawa ke RS Ibnu Sina, Gresik, untuk diautopsi. “Sudah kita bawa ke RS Ibnu Sina untuk Visum Et Repertum atau autopsi jenazah,” tutur Puji.

Peristiwa ini tengah ditangani Satpolairud Polres Gresik dan Subditgakkum Ditpolairud Polda Jatim. Sejumlah saksi yang berada di TKP telah diperiksa.


(ADI)

Berita Terkait