Stok Vaksin Jatim Aman, Ayo Booster Sebelum Mudik!

 Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa

SURABAYA: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyebut ada 1.071.590 dosis stok vaksin covid-19 di Jatim. Khofifah memastikan jumlah itu aman dan cukup bagi masyarakat yang tengah mempersiapkan diri untuk mudik lebaran.

"Jumlah vaksin kita banyak, tidak perlu khawatir. Jadi kalau memang belum booster, segera vaksin di pelayanan terdekat mumpung masih di awal Ramadan. Agar nanti saat waktunya mudik, kita sudah terproteksi," kata Khofifah, di Surabaya, Senin, 11 April 2022.

Menurut Khofifah, vaksinasi menjadi penting dalam menghadapi tradisi mudik yang dilakukan masyarakat di Hari Raya Idul Fitri. Mengingat, dalam prosesnya, setiap orang akan berkumpul dengan sanak saudara, sehingga dibutuhkan perlindungan lebih agar aman dari penyebaran covid-19.

BACA: Kasus Covid-19 Menurun, Prokes Ketat di Lapas Jalan Terus

"Vaksin ini jangan dibilang sebagai satu syarat yang memberatkan. Karena vaksin ini kita lakukan supaya bisa saling melindungi diri kita dan keluarga. Karena kalau orang mudik itu pasti yang disowani terlebih dahulu adalah yang paling sepuh dan paling senior," ujarnya.

"Itulah yang menjadikan kita harus memberikan perlindungan kepada orang yang kita sayangi lewat vaksinasi. Karena kalau kita ingin berumur panjang, tentu kita juga ingin orang yang kita hormati dan sayangi juga berumur panjang, sehingga tahun depan bisa ketemu lagi. Maka mari kita saling memproteksi diri kita dan lingkungan kita," lanjut Khofifah.

Mantan Menteri Sosial itu mengatakan bahwa vaksin telah tersedia dan dapat diakses dengan mudah dari tempat-tempat pelayanan tertentu. Termasuk Puskesmas, masjid, serta lingkungan di Pemerintahan Provinsi Jatim.

Bahkan kata Khofifah, setiap hari di Gedung Binaloka Kantor Gubernur Jatim juga sampai saat ini masih dibuka untuk layanan vaksinasi termasuk booster covid-19. Maka dari itu, mereka yang ingin melakukan vaksinasi dipersilahkan datang langsung ke lokasi.

Selain itu, Khofifah menjelaskan, instansi-instansi dan organisasi dapat mengkoordinasikan vaksinasi massal bagi anggota ataupun karyawannya.

"Untuk vaksinasi, bisa langsung mencari Puskesmas terdekat. Di Masjid Al-Akbar tiap malam juga ada. Bahkan di Binaloka dari Senin sampai Jumat selalu ada, jadi kalau belum vaksin bisa langsung ke sana," katanya.

 


(TOM)

Berita Terkait