Sejumlah Rumah di Bojonegoro Diterjang Banjir Bandang

Banjir bandang di Bojonegoro berdampak ke sejumlah rumah (Foto / Istimewa) Banjir bandang di Bojonegoro berdampak ke sejumlah rumah (Foto / Istimewa)
BOJONEGORO : Hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Bojonegoro. Hujan disertai angin kencang dan petir yang berlangsung sekitar dua jam itu mengakibatkan banjir bandang di Desa Bobol Kecamatan Sekar, Kabupaten Bojonegoro.

Banjir bandang terjadi akibat luapan Sungai Gandong turut Desa Deling, Kecamatan Sekar, yang menyebabkan beberapa rumah tergenang dan rusak. Luapan air berwarna kecoklatan yang membawa material lumpur, sampah, dan sejumlah ranting pohon itu mengakibatkan satu rumah warga rusak ringan dan enam lainnya tergenang

“Sejumlah warga bergotong-royong melakukan pembersihan lumpur, dan rumah yang rusak sudah dievakuasi,” ujar Agen Bencana BPBD Jatim wilayah Kabupaten Bojonegoro Nurcholis, Jumat 12 November 2021.

Sementara diketahui, enam rumah yang terendam banjir bandang setinggi kurang lebih 20 centimeter itu terjadi di empat RT. RT 03, 07, 08, dan RT 11 Desa Sekar Kecamatan Sekar. Enam rumah yang terdampak banjir bandang diantaranya, milik Sutrisno, Suwaji, Sailan, Wiji, Sarikem, dan rumah milik Partomo. Sedang satu rumah yang alami rusak ringan, milik Supari, warga RT 11/RW 05.

Baca Juga : Hujan Lebat Diperkirakan Mengguyur Indonesia BMKG : Waspada Potensi Banjir

“Petugas BPBD Bojonegoro, Satpol PP dan Pemdes sudah mengevakuasi rumah rusak dan pemantauan perkembangan kejadian di lokasi,” pungkasnya.

Sementara untuk membantu korban banjir bandang tersebut, Pemkab Bojonegoro melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) memberikan bantuan sembako bagi korban banjir di Desa Bobol Kecamatan Sekar. Penyerahan bantuan dilakukan setelah BPBD menurunkan tim kaji cepat untuk melakukan asesment serta berkoordinasi dengan Forkopincam Kecamatan Sekar.

 


(ADI)

Berita Terkait