Dek Kapal Yunice Sudah Dipenuhi Air Sebelum Berangkat, Bocor?

I Nyoman Suryawan, penumpang KMP Yunicee yang selamat. (metrotv) I Nyoman Suryawan, penumpang KMP Yunicee yang selamat. (metrotv)

BANYUWANGI: Salah seorang penumpang KMP Yunicee yang selamat, I Nyoman Suryawan  mengatakan jika dek kapal sudah dipenuhi air sebelum akhirnya tenggelam di kawasan perairan Pelabuhan Gilimanuk, Bali. 
 
 "Sekitar pukul lima sore, kita 12 orang masuk dan itu air sudah naik ke dek dan itu (ABK) ditanyain nanti dulu saya laporan dulu sama kaptennya dan akhirnya jalan," kata Surya kepada Metro TV, Selasa, 29 Juni 2021.

Dia menjelaskan saat kapal sudah berada di tengah antara Pelabuhan Gilimanuk Bali dan Pelabuhan Ketapang Banyuwangi sudah dalam keadaan miring. Padahal Pelabuhan Gilimanuk sudah tidak jauh lagi dari jarak kapal yang ditumpanginya.

BACA: Tenggelam, 6 Penumpang Kapal Feri Yunicee Ditemukan Meninggal

"Waktu kita ke ruang penumpang, dari sana lah makin terasa miringnya. Jarak ke Gilimanuk kurang lebih sekitar satu kilometer. Kita evakuasi antara kapal dan kapal dan gak sampai nyebur," jelas Surya.
 
Sebelumnya KMP Yunicee Rute Ketapang-Gilimanuk tenggelam di Selat Bali.  Kapal penumpang tersebut memiliki warna putih strip merah biru dengan panjang 56,5 meter dan lebar 8,6 meter.
 
Kronologi kejadian bermula dari kapal terbawa arus ke selatan dari Pelabuhan Gilimanuk pada Selasa, 29 Juni 2021, pukul 19.06 Wita. Kapal tersebut miring dan langsung tenggelam di selatan Pelabuhan Gilimanuk.
 
Pukul 19.50 Wita, Tim Rescue Pos SAR Jembrana dan Buleleng bergerak menuju LKP Pelabuhan Gilimanuk.


(TOM)

Berita Terkait