Elpiji Bocor, Dua Rumah di Jember Ludes Terbakar

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

JEMBER : Dua rumah di Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember ludes dilalap api, Selasa 3 Mei 2022. Kedua rumah itu milik Pak Newi (50) Pak Dul (48) warga di Dusun Sukosari RT 02 RW 02, Desa Jatisari, Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember. Diduga, kebakaran dipicu tabung gas melon bocor.

Selain menghanguskan rumah, pemilik juga mengalami luka dalam kebakaran tersebut. Korban saat itu bermaksud menyelamatkan harta bendanya, tapi karena api cepat membesar malah jadi korban. Kerugian materil diperkirakan puluhan juta rupiah.

Menurut Affan Nasir, Anggota Regu Damkar B Pos Ambulu, rumah korban saling berdempetan dengan total luas 7×17 meter persegi. Diduga api berasal dari kebocoran pipa pada tabung gas melon 3 Kg.

“Posisi rumah Pak Nawi menghadap selatan, rumah Pak Dul menghadap barat. Rumah mereka dempet pada bagian belakang. Sumber api berasal dari dapur rumah Pak Nawi, yang hanya berdinding gedek (anyaman bambu). Sehingga mudah sekali terbakar dan merambat ke rumah sebelahnya,” jelas Affan.

Baca juga : Bocah di Jombang Tewas Tenggelam di Sungai Konto

Untuk proses pemadaman api dan pendinginan, membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam. Sebab kobaran api yang besar saat itu membuat personel yang berangkat 6 orang kewalahan  karena hanya ada satu unit truk damkar.

“Tadi saat proses pemadaman, menghabiskan dua tangki air, truk sempat keluar lokasi kebakaran, dan mengisi air untuk tangki kedua. Untuk keluarga korban, sementara mengungsi dan tinggal di rumah saudaranya untuk mendapat pertolongan,” kata Affan Nasir.

Kebakaran itu, kata Affan, menyebabkan seisi rumah habis terbakar. Selain itu, kebakaran tersebut juga menyebabkan pemilik rumah mengalami luka bakar 60 persen, sehingga harus mendapatkan perawatan di puskesmas setempat.

“Korban pemilik rumah, Pak Nawi. Dia mengalami luka bakar 60 persen dan harus mendapat perawatan di Puskesmas Jenggawah. Korban saat itu bermaksud menyelamatkan harta bendanya, tapi karena api cepat membesar malah jadi korban,” ungkapnya.


(ADI)

Berita Terkait