Naga Terbang Hingga Celana Dalam Hiasi Langit Tuban

Salah satu peserta Festival Layang-layang Tingkat Nasional di Kabupaten Tuban Salah satu peserta Festival Layang-layang Tingkat Nasional di Kabupaten Tuban

TUBAN: Naga terbang, gatotkaca hingga celana dalam beradu pesona di langit Kabupaten Tuban, Jawa Timur dalam Festival Layang-layang Tingkat Nasional, Minggu 6 September 2020.   

Layang-layang unik tersebut datang dari berbagai penjuru tanah air untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75.  Ajang nasional itu menjadi hiburan bagi warga yang  bosan tanpa kegiatan selama pandemi covid-19.

Suasana berbeda terlihat di lapangan Desa Beji, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.  Ribuan warga tumpah ruah melihat Festival Layang-layang Tingkat Nasional yang diselenggarakan pemerintah desa setempat.

Ratusan layang-layang berbentuk unik terlihat menghiasi langit. Mulai dari naga terbang, kuntilanak, gatotkaca, hingga celana dalam.  Seluruh layang-layang ini berusaha menebar pesona juri serta pengunjung.

"Tak hanya diikuti penghobi layang-layang lokal Tuban peserta juga datang dari berbagai penjuru tanah air.  Diantaranya Bali, Cilacap, Jawa Tengah, Blitar, serta Bojonegoro, " ujar Zainul Arifin, Kepala Desa Beji

Selain beradu pesona untuk mencari pemenang, kegiatan ini diselenggarakan sebagai ajang silaturahmi penghobi layang-layang. Selain itu  banyak muncul penghobi serta pengrajin layang-layang lokal.

 Penilaian dalam festival ini dititik beratkan pada artistik atau keindahan layang-layang dan kestabilannya. Mulai saat proses diterbangkan, selama terbang hingga diturunkan.


(TOM)

Berita Terkait