Usai Hilang Kontak, 5 ABK Baruna Jaya Raya Ditemukan di Lombok Timur

5 ABK Kapal Baruna Jaya ditemukan (Foto / Istimewa) 5 ABK Kapal Baruna Jaya ditemukan (Foto / Istimewa)

SUMENEP : Setelah hilang kontak selama 13 jam, 5 anak buah kapal (ABK) KM Baruna Jaya Raya akhirnya ditemukan di Perairan Lombok Timur, Sabtu 4 Maret 2023. Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Sumenep, Wahyu Kurniawan Pribadi mengatakan, pihaknya mendapat informasi dari Camat Sapeken, Aminullah, terkait ditemukannya 5 ABK KM Baruna Jaya Raya.

“Kami kemudian berkoordinasi dengan komandan Pos Basarnas Sumenep yang sedang melakukan operasi pencarian. Alhamdulillah, 5 ABK KM Baruna Jaya Raya itu ditemukan dalam kondisi selamat,” katanya.

Para ABK KM Baruna Jaya Raya itu ditemukan oleh nelayan Lombok Timur. Kemudian 5 ABK dibawa ke Pelabuhan Dadap, Desa Tanjung Luar, Lombok Timur. “Yang ditemukan hanya ABK nya. Mereka bertahan di laut menggunakan rakit. Sementara kapalnya sudah tenggelam,” terang Wahyu.

Ia menambahkan, saat ini 5 ABK itu masih berada di Lombok Timur. Berdasarkan hasil koordinasi dengan Komandan Pos Basarnas Sumenep, pihak Kakansar Basarnas Mataram siap untuk mengantarkan para ABK kembali ke Sapeken.

baca juga : Kapal Baruna Jaya Hilang Kontak di Perairan Pulau Sapeken Sumenep

“Tapi ternyata keluarga para ABK ngotot ingin menjemput ke Lombok Timur menggunakan ‘speed boat’, dengan alasan ingin cepat bertemu,” papar Wahyu.

KM Baruna Jaya Raya dengan 5 ABK dilaporkan hilang kontak. Kapal berangkat dari Pelabuhan Boom, Banyuwangi pada Rabu 1 Maret 2023 dengan tujuan Pulau Sapeken, membawa sembako dan bahan bangunan. Kapal dijadwalkan tiba di Sapeken pada Kamis 2 Maret 2023. Namun ternyata hingga Jumat 3 Maret 2023, kapal belum juga tiba.

KM Baruna Jaya mengangkut 5 org, terdiri dari 1 nahkoda dan 4 ABK. Nahkoda KM Baruna yakni Subhan Husaini (45). Sedangkan ABK yakni Farid Sugianto (28), Hairul (21), Talid Daen Malanti (35), dan Isak (40), semuanya warga Desa Sapeken.


(ADI)

Berita Terkait