BMKG Prediksi Wilayah Indonesia Akan Diguyur Hujan dan Gelombang Tinggi

Ilustrasi - Seseorang memegang tas dan payung merah berjalan di jalan dalam hujan yang sangat deras. ANTARA/Shuuterstock/pri. Ilustrasi - Seseorang memegang tas dan payung merah berjalan di jalan dalam hujan yang sangat deras. ANTARA/Shuuterstock/pri.

Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meramalkan hujan lebat akan mengguyur sejumlah daerah di Indonesia pada Selasa, 19 Juli 2022. BMKG juga memperingatkan potensi gelombang tinggi di beberapa area perairan.

Dilansir dari Antaranews.com, hujan diprediksi mengguyur Jawa Barat, Banten, Lampung, Maluku, Papua Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, serta Sulawesi Tengah.

Hujan yang terjadi di wilayah Sumatera Selatan, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, dan Maluku kemungkinan akan disertai angin kencang. 

Sementara di Riau, Sumatera Selatan, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Papua Barat dan Papua, hujan diramalkan disertai kilat/petir. 

Baca Juga: Gempa Magnitudo 5,5 Guncang Pacitan, BMKG : Tak Berpotensi Tsunami

BMKG juga memperingatkan potensi banjir di Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tenggara dan Papua Barat. Sedangkan, ada potensi kebakaran hutan di Nusa Tenggara Timur.

Peringatan potensi gelombang setinggi 2,5-4 meter diberikan untuk sejumlah area perairan. Yakni, Perairan Barat Aceh, Perairan Barat Pulau Simeulue hingga Kepulauan Mentawai, Samudra Hindia Barat Sumatra, Selat Bali-Lombok-Alas bagian Selatan.

Gelombang tinggi tersebut juga berpeluang terjadi di Samudra Hindia Selatan Banten hingga Nusa Tenggara Timur, dan Perairan Bengkulu hingga Barat Lampung, Selat Sunda bagian Barat dan Selatan, Perairan Selatan Banten hingga Sumbawa, dan Samudra Pasifik Utara Halmahera.


(UWA)

Berita Terkait