Ngopi Gratis di Banyuwangi, Bayar Pakai Sampah

Pengunjung menikmati kopi gratis setelah menimbang sampah. (metrotv) Pengunjung menikmati kopi gratis setelah menimbang sampah. (metrotv)

BANYUWANGI: Sebuah kedai kopi di Banyuwangi, Jawa Timur menyediakan secangkir kopi gratis untuk masyarakat dari  berbagai kalangan. Tidak perlu membawa uang, cukup membayar dengan sampah.

Kedai kopi  bernama Moca atau Mobile Cafe ini sudah ada sejak 2019 lalu.  Lokasinya di lingkungan Welaran,  Kelurahan Penganjuran, bersebelahan dengan bank sampah Banyuwangi.  

"Untuk bisa menikmati secangkir kopi, pengunjung cukup membawa 0,25 kilogram sampah anorganik. Ini sengaja dilakukan agar masyarakat peduli dengan sampah dan menjaga lingkungan, " ujar Novian, pemilik mobile cafe.
 
Pengunjung yang datang dengan membawa sampah anorganik seperti botol bekas, kardus dan sampah rumahan kemudian ditimbang. Setelah memenuhi syarat, pengunjung akan diberikan satu cangkir kopi robusta kelas hotel berbintang.

BACA: Menikmati Sensasi Unik Bakso Rantai Kapal Sidoarjo

Dalam sehari, kedai moca bisa menampung 6 kilogram sampah rumahan. Selain itu, kedai kopi bayar sampah ini juga membantu masyarakat untuk lebih peduli dan memanfaatkan sampah yang tidak terpakai.

Selanjutnya, sampah yang dikumpulkan  pemilik kedai kemudian dijual kembali ke bank sampah untuk dijadikan bahan kerajinan tangan yang bernilai ekonomis tinggi.

Di masa pandemi ini, pengunjung juga wajib mematuhi protokol kesehatan diantaranya wajib memakai masker, menjaga jarak dan hand sanitizer.

Minum kopi bayar dengan sampah ini  mendapat respon positif dari pengunjung.  Selain bisa menikmati satu cangkir kopi hangat, sekaligus bisa menjaga kebersihan lingkungan.

"Penikmat kopi sekaligus bisa menjaga kebersihan lingkungan. Selain itu juga bisa melihat langsung proses pembuatan kopinya, " ujar Agung Sedana, pengunjung kedai kopi.


(TOM)

Berita Terkait