Gulung Filipina, Peluang Indonesia ke Semifinal Terbuka

Selebrasi Rabbani Tasnim/ist Selebrasi Rabbani Tasnim/ist

JAKARTA: Peluang Timnas Indonesia melaju ke semifinal Piala AFF U-19 kembali terbuka setelah mengulung Filipina 5-1 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Jumat malam, 8 Juli 2022.

Kemenangan telak ini membuat Indonesia kini di posisi ketiga klasemen Grup A dengan 8 poin. Posisi pertama dihuni Vietnam dengan 10 poin berkat kemenangan atas Myanmar 3-1 di hari yang sama. Thailand ada di peringkat kedua juga dengan 10 poin setelah unggul atas Brunei Darussalam 2-0.

Meski masih berada di urutan kedua, namun Indonesia punya peluang besar ke semifinal karena di laga terakhir  melawan Myanmar yang sudah pasti tersingkir. Sementara Vietnam akan saling bunuh dengan Thailand.

Di laga melawan Filipina, Pelatih Shin Tae-yong kembali merotasi para pemainnya. Meski banyak pergantian susunan pemain dilakukan, skuad bisa tampil maksimal dan meraih kemenangan penting.

BACA: Shin Tae-yong Minta Pemain Timnas U-19 Tidak Di-bully

"Ini antisipasi dari segi fisik untuk pertandingan berikutnya jadi hampir semua starting line up diganti. Untuk semua pemain yang hari ini mendapat kesempatan bermain sangat bekerja keras dan untuk itu saya mengucapkan terima kasih," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers seusai laga.

Shin Tae-yong mengubah mental para pemain untuk tampil lebih apik dan melakukan pengorbanan untuk tim. Itu lantaran gelandang andalan Marselino Ferdinan dipastikan akan absen hingga turnamen berakhir karena cedera.

"Saya berusaha mengubah mental pemain untuk bisa melakukan pengorbanan untuk tim. Itu yang ditegaskan kepada pemain. Tentunya pemain tahu tim ini sudah mulai menjadi padu dan ke depan perkembangannya akan lebih baik," ucapnya.

Pelatih asal Korea Selatan itu mengakui faktor stamina selama turnamen berpengaruh menguras fisik pemain karena setiap pertandingan hanya berselang dua hari. Ia yakin sekarang para pemain sudah bisa mempertahankan performa agar makin solid.

"Pemain kami sudah bisa mempertahankan (adaptasi jadwal) dengan baik. Ini bukan hanya tim kami tapi semua tim keadaannya sulit dan itu yang kami masih lakukan adaptasi," imbuhnya.

Lima gol ke gawang Filipina, tiga diantaranya dicetak striker Rabbani Tasnim Siddiq yang tampil sebagai starter menggantikan Hokky Caraka. Hatrick tercipta lewat dua sepakan penalti di menit ke-15 dan menit ke-42. Gol ketiga diciptakannya di menit ke-49 melalui sundulan memanfaatkan umpan sepak pojok.

Sementara Dua gol Indonesia lainnya dicetak Alfriyanto Nico Saputro dan Razzaa Fachrezi Aziz. Satu-satunya gol Filipina ditorehkan Justin Lawrence Chan Frias.


(TOM)

Berita Terkait