Rapid Test Antigen di Pasar Semampir, Satu Pembeli Reaktif

Rapid Test Antigen di Pasar Semampir, Probolinggo. (metrotv) Rapid Test Antigen di Pasar Semampir, Probolinggo. (metrotv)

PROBOLINGGO: Sebanyak 113 orang mengikuti rapid test antigen di Pasar Semampir, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Selasa 5 Januari 2021. Hasilnya, satu pembeli diketahui reaktif covid-19.

Ponirin, Camat Kraksaan mengatakan, rapid test antigen di wilayahnya ini sengaja dilakukan pertama kalinya di Pasar Semampir. Sebab, pasar menjadi salah tempat beresio tinggi penyebaran covid-19.   

"Kami ingin memastikan kondisi para pedagang di pasar. Sehingga dengan kondisi sehat,  para pedagang percaya diri untuk melayani para pembelinya. Begitupun sebaliknya, " ucapnya.

Namun pantauan di lokasi, tidak semua pedagang mau melakukan rapid test gratis program pemerintah ini. Sebagian pedagang justru ada yang melarikan diri dari petugas. Ada juga yang memilih menutup lapak dagangannya.

Sementara hasil rapid test antigen di Pasar Semampir, diketahui  satu orang pembeli asal Kecamatan Maron terkonfirmasi reaktif covid-19. Oleh petugas langsung dilanjutkan dengan tes swab untuk mengetahui pasti apakah terpapar covid-19 atau tidak.

"Satu pembeli diketahui reaktif, langsung kita swab test juga. Namun untuk hasil swabnya masih harus menunggu dari Satgas Covid-19 Kabupaten Probolinggo, " ujarnya.

Saat ini, warga reaktif covid-19 itu masih diperbolehkan pulang untuk melakukan isolasi mandiri di rumahnya. Namun tetap dalam  pengawasan ketat dari Puskesmas.

Selain di  Kraksaan, rapid test antigen dilakukan dilakukan di tujuh  kecamatan zona merah covid-19. Yakni Kecamatan Dringu, Leces, Sumberasih, Gending, Paiton, Pajarakan dan Kraksaan.

 

 


(TOM)

Berita Terkait