TikTok Akan Beri Label Konten Video Milik Media Rusia

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : TikTok mengumumkan akan mulai memberi label konten video yang berasal dari media yang dikendalikan pemerintah. Kebijakan ini akan diterapkan segera. Pelabelan akan terlihat secara global. Perusahaan menyebutkan prosesnya akan dipercepat, mengingat invasi yang dilakukan Rusia ke Ukraina.

Belum ada jadwal pasti kapan pelabelan konten video corong pemerintah ini akan mulai diberlakukan. Namun, perusahaan menyebut akan berlangsung dalam hitungan hari. Juru bicara TikTok mengatakan, pelabelan akan diberikan ke beberapa beberapa media milik pemerintah Rusia. Sayang, tidak disebutkan berapa jumlahnya dan media apa saja.

Dilansir dari The Verge, Minggu 6 Maret 2022, dikonfirmasi setidaknya ada satu media yang jelas dikendalikan pemerintah Rusia, yakni Russia Today (RT), yang juga memiliki akun terverifikasi di TikTok. Diketahui, setelah invasi Rusia ke Ukraina, banyak yang mencari sumber berita langsung dari media pemerintah Rusia, seperti RT dan Sputnik.

Baca juga : Selain Facebook, Rusia Blokir Akses Twitter

RT diduga melancarkan banyak propaganda karena dimiliki pemerintah Rusia. RT juga dinilai melakukan counter narasi terhadap media arus utama dari Barat yang berkaitan dengan invasi Rusia ke Ukraina.

 


(ADI)

Berita Terkait