Atasi Kebosanan Anak, Yuk Latihan Menembak...

Latihan menembak di Lapangan Menembak Satuan Brimob,  Polda Jawa Timur . (metrotv) Latihan menembak di Lapangan Menembak Satuan Brimob, Polda Jawa Timur . (metrotv)


SIDOARJO: Dor...dor...! Bunyi letusan terdengar berulang kali dari Lapangan Menembak Satuan Brimob,  Polda Jawa Timur di kawasan Medaeng,  Waru Sidoarjo, Minggu pagi, 24 Januari 2021.  

Di tengah lapangan, tampak berbaris sejumlah anak-anak usia belasan tahun. Mereka mengikuti latihan menembak dibimbing langsung anggota Satbrimob Polda Jawa Timur.

Namun jangan salah sangka dulu, mereka dilatih bukan untuk menjadi pemburu penjahat. Latihan menembak khusus anak-anak diajarkan agar meningkatkan imun tubuh sekaligus mengusir kebosanan akibat terlalu lama berdiam di rumah.

Selain itu, anak-anak ini menembak juga bukan menggunakan senjata api. Melainkan senjata replika, jenis air soft gun dan air riffle.

“Anak-anak ini dilatih bukan saja untuk meningkatkan imun tubuh di masa pandemi. Namun juga untuk tetap mengasah fokus, kesabaran hingga kekuatan tubuh, “ ujar Irfa Mardianto, Pembina Harian Komunitas Menembak.

Diantara belasan anak-anak ini, ada yang sudah mengikuti latihan menembak beberapa bulan lalu sejak awal pandemi covid-19.  Seperti Akbar dan Nabilla. Dua bocah ini mengaku senang mengikuti Latihan menembak.

“Latihan menembak, tak hanya  melatih konsentrasi dan  kesabaran. Namun juga  kekuatan tubuh, “ ujar Akbar yang bercita-cita inginan bisa menjadi atlet menembak.

Di komunitas menembak ini bukan hanya untuk anak-anak,  namun juga mewadahi para penghobi menembak lainnya yang memiliki senjata seperti air soft gun dan air riffle.

Tentu saja mereka yang memiliki senjata tersebut juga diajari untuk menggunakan senjata dengan bijaksana. Bukan untuk dipamerkan atau dibuat menakut-nakuti orang.

5 Manfaat Olahraga Menembak Untuk Anak:

1. Dapat melatih konsentrasi, ketepatan, dan kecepatan karena menembak membutuhkan konsentrasi dalam mencari sasaran tembakan untuk mencapai hasil maksimal. Ketepatan sasaran dalam menembak harus dimengerti benar. Kecepatan dibutuhkan dalam mengatur waktu yang telah ditentukan dalam setiap melakukan penembakan.

2. Melatih mental dan keberanian untuk dapat mengambil keputusan dengan cepat.

3. Dapat mengontrol diri atau melatih kesabaran.

4. Menjadi sarana untuk melepas kepenatan dari berbagai aktivitas keseharian.

5. Untuk melatih bibit-bibit atlet yang akan mengharumkan nama bangsa di kancah mancanegara dalam cabang olahraga menembak.

 


(TOM)

Berita Terkait