Tekuk Belgia, Italia Tantang Spanyol di Semifinal EURO 2020

Selebrasi pemain Italia usai membobol gawang Belgia. (espn) Selebrasi pemain Italia usai membobol gawang Belgia. (espn)

MUNICH: Tim Nasional Italia melaju ke Semifinal EURO 2020 setelah  memenangkan duel big match kotra Belgia 2-1 di Stadio Allianz Arena, Munich, Sabtu dini hari 3 Juli 2021. 

Kedua gol Italia dicetak Nicolo Barella dan Lorenzo Insigne. Sementara sebiji gol Belgia dicetak dari titik putih yang dieksekusi Romelu Lukaku.
 
Laga Belgia vs Italia berjalan terbuka, dua tim silih berganti melakukan serangan. Italia sempat membobol gawang Belgia melalui Leonardo Bonucci di menit 13, tapi gol dianulir wasit Slavko Vincic dari Slovenia.

Belgia mengancam di menit ke-22 lewat Kevin de Bruyne, yang dimainkan sejak awal. Sayang, tembakan keras kaki kirinya masih dihalau Gianluigi Donnarumma.

BACA: Drama Adu Penalti Antar Spanyol ke Semifinal EURO 2020 

Gol untuk Gli Azzurri akhirnya tercipta oleh Nicolo Barella di menit 31 setelah meneruskan umpan Marco Verratti. Peluang kembali untuk Italia melalui Federico Chiesa di menit 41. Chiesa yang mendapatkan bola dekat kotak penalti melepaskan tembakan yang masih melebar tipis saja di gawang Thibaut Cortois.
 
Tim besutan Roberto Mancini itu akhirnya bisa menggandakan gol lewat tembakan terukur Lorenzo Insigne di menit ke-44. Skor 2-0 untuk keunggulan Chiellini dan kawan-kawan.
 
Belgia bereaksi cepat dan mencetak gol dari titik putih di menit 45+2. Berawal dari pelanggaran Giovanni Di Lorenzo terhadap Jeremy Doku di kotak terlarang. Penalti diperkuat oleh tinjauan VAR oleh wasit. Lukaku yang menjadi eksekutor sukses mengeksekusi penalti tersebut. Hingga jeda skor 2-1 untuk keunggulan Gli Azzurri.
 
Babak kedua Belgia mengontrol permainan. Doku nyaris menyamakan skor di menit 62. Umpan silangnya di tiang jauh diterima Lukaku. Sayang sepakan Lukaku bisa diblok Spinazzola di depan garis gawang yang sudah kosong.
 
Peluang juga di dapat Nacer Chadli di menit 72. Umpan silangnya yang membentur bek Italia membuat bola mengarah ke Lukaku. Striker Inter Milan itu menanduknya tapi masih terlalu tinggi.
 
Demi mengejar gol, Doku terus membuat pertahanan Italia dalam bahaya. Tembakan kerasnya sempat melayang tak terlalu jauh di atas mistar gawang. Skor belum berubah.
 
Terus menekan, Italia yang bermain baik dalam mengorganisir pertahanannya mampu mempertahankan keunggulannya hingga peluit akhir dibunyikan. Menang menjadi catatan rekor 15 kemenangan Italia sejak kualilfikasi hingga putaran final Euro 2020. 

Di laga semifinal, Italia akan berjumpa Spanyol, yang dilaga sebelumnya menang adu penalti atas Swiss.


(TOM)

Berita Terkait