Rumah di Kediri Hancur Tertimpa Longsor, Penghuni Sembunyi di Kandang Sapi

Kondisi rumah di Kediri usai dihantam reruntuhan longsor (Foto / Metro TV) Kondisi rumah di Kediri usai dihantam reruntuhan longsor (Foto / Metro TV)

KEDIRI : Tebing setinggi 20 meter dan panjang tujuh meter di kawasan lereng Gunung Wilis, Kediri longsor dan menimpa rumah warga, Kamis 23 Juni 2022 malam. Akibatnya, rumah tembok Slamet, warga Desa Jugo, Kecamatan Mojo itu roboh dan rata dengan tanah.

Beruntung tidak ada korban dalam peristiwa ini. Penghuni rumah, Slamet dan istrinya berhasil lolos dari maut setelah lari ke dalam kandang sapi di samping rumah. Slamet menceritakan, sebelum terjadi longsor, Desa Jugo diguyur hujan lebat.

Saat itu, dia dan istrinya berada di dalam rumah. Karena khawatir, kemudian berlindung di kandang ternak. Tiba-tiba, terdengar suara gemuruh dari samping rumahnya dan tembok samping rumahnya langsung jebol hingga rumahnya hancur.

"Longsoran mengenai banguan rumah dan roboh. Saya lari ke kandang sama istri," tuturnya, Jumat 24 Juni 2022.

Baca juga : Perahu Pecah Dihantam Ombak, 2 Nelayan di Jember Hilang

Sementara itu, Wadanramil Mojo Peltu Barno mengatakan, longsor terjadi di empat titik. Satu titik menimpa rumah Slamet dan tiga titik lainnya menimpa jalan.

"Nanti akan dibangun tiang-tiang penyangga, untuk mencegah tebing kembali longsor. Sebab, posisinya cukup tinggi, sekitar 20 meter," katanya di sela kerja bakti membersihkan reruntuhan rumah Slamet.

Saat ini, Slamet dan istrinya untuk sementara tinggal di kandang hewan ternak sambil menunggu proses renovasi rumahnya. Sebab, kondisi rumahnya hancur dan tidak bisa ditempati lagi.


(ADI)

Berita Terkait