Tidak Ingin Bergantung pada Impor, Indofood Siap Substitusi Gandum dengan Sorgum Untuk Mie Instan

Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal TNI (Purn) Moeldoko menunjukkan brownis yang dibuat dari bahan sorgum hasil kreasi siswa SMK PGRI 2 Kudus, Jawa Tengah, Jumat (12/8/2022). (ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif) Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal TNI (Purn) Moeldoko menunjukkan brownis yang dibuat dari bahan sorgum hasil kreasi siswa SMK PGRI 2 Kudus, Jawa Tengah, Jumat (12/8/2022). (ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif)

Clicks: Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF), Fransiscus Welirang mengatakan bahwa perusahaannya siap untuk mengembangkan mie instan berbahan dasar dari komoditas pangan lokal. Bahan tersebut adalah sorgum untuk menggantikan gandum yang diimpor dari luar.

“Kita dengan Pak Mentan (Menteri Pertanian) SYL (Syarif Yasin Limpo) memperbincangkan banyak hal, tapi intinya bagaimana kita saat ini bisa mengembangkan bahan baku lokal seperti sorgum. Jadi, nanti ada program pengembangan tanaman sorgum bersama-sama,” kata Fransiscus, dilansir dari Antaranews.com, Sabtu, 13 Agustus 2022.

Fransiscus mengungkapkan, Indofood mendukung penuh upaya Kementerian Pertanian dalam mengantisipasi krisis pangan global. Caranya adalah dengan mencari alternatif bahan baku lokal seperti sorgum.

Dia berpendapat bahwa sorgum adalah tanaman asli Indonesia yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan pangan nasional. Pengembangan sorgum ini memiliki peran penting untuk menggantikan tepung terigu berbahan dasar gandum yang hingga kini masih bergantung pada impor. Impor gandum Indonesia mencapai 11,69 juta ton pada tahun 2021.

Fransiscus berkata, Indofood siap untuk melakukan proses pengolahan komoditas sorgum. Juga, pemerintah melalui Kementerian Pertanian diharapkan bisa meningkatkan kapasitas produksi sorgum nasional. 

Dilihat dari data Badan Pusat Statistik, konsumsi gandum penduduk Indonesia tahun 2019 adalah 30,5 kilogram per kapita per tahun. Kebutuhan gandum terbesar adalah untuk industri produk pangan olahan seperti mie instan, kue, dan roti.

 

BACA: Kalian Wajib Tahu! Ini Deretan Fakta Unik Indomie yang Jarang Diketahui


(SUR)

Berita Terkait