Sumenep Diguncang Gempa Tektonik Magnitudo 3,9

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SUMENEP : Gempa tektonik berskala Magnitudo 3,9 mengguncang Sumenep. Gempa yang tidak berpotensi tsunami itu terjadi Kamis 12 Mei 2022 pukul 00.43 WIB. Dikutip dari laman BMKG, episenter gempa terletak pada koordinat 6.89 LS dan 113.99 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 21 km Timur Laut Sumenep, pada kedalaman 10 kilometer.

Kepala BMKG Kalianget, Sumenep, Usman Khalid membenarkan adanya gempa bumi tersebut. Menurutnya, apabila memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi di Sumenep merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Lokal.

“Gempa itu paling terasa di wilayah Kecamatan Batuputih. Tapi sejauh ini kami belum menerima laporan adanya dampak kerusakan bangunan akibat gempa. Warga hanya sebatas merasakan adanya getaran,” katanya.

Hingga pukul 06:00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. “Jadi masyarakat tidak perlu panik. Jangan mudah terpengaruh isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ujarnya.

Baca juga : Dituduh Mata-Mata Polisi Gadungan, Satu Keluarga Diusir dari Desa

Salah satu warga Batuputih, Lastri, mengaku merasakan adanya gempa di rumahnya. Ia merasakan ada getaran sekitar 5 detik. “Setelah 5 detik itu sudah tidak ada getaran. Kami sempat panik memang. Tapi Alhamdulillah, semua baik-baik saja sampai sekarang,” ucapnya.


(ADI)

Berita Terkait