Politik Tanpa Mahar Jadi Pembeda Surya Paloh

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. MI/Pius Erlangga Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. MI/Pius Erlangga

JAKARTA: Politik tanpa mahar yang digagas Surya Paloh dinilai mampu menjadikan NasDem berbeda dengan partai politik lainnya. Hingga saat ini komitmen itu selalu dipegang!

"Beliau berani mencetuskan ide politik tanpa mahar," kata anggota Fraksi NasDem di DPR Eva Yuliani kepada Medcom.id, Jumat, 16 Juli 2021.

Anggota Komisi III itu menilai belum ada partai politik yang berani mengusung semangat tersebut. Terutama dalam kontestasi politik di Indonesia.

"Tidak ada satu pun parpol di Indonesia yang berani bersuara dengan lantang untuk menolak mahar sebagai syarat mendapatkan dukungan untuk maju sebagai kepala daerah," kata dia.

BACA: PBNU Sebut Surya Paloh Sangat Konsisten Menjaga Keutuhan NKRI

Bahkan pada kontestasi pemilihan presiden (pilpres) sekalipun. Surya Paloh mencetuskan ide koalisi tanpa syarat saat mendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Tidak mengedepankan take and give untuk partai yang mendukung Bapak Jokowi," kata dia.

Eva tak ragu menyematkan predikat negarawan kepada Surya Paloh. Menurut dia, komitmen tersebut ditularkan Surya Paloh kepada para kader di Partai NasDem.

"Bagi saya, beliau adalah negarawan sejati, yang sudah banyak menelurkan kader-kader sukses di berbagai daerah untuk membumikan semangat restorasi Indonesia yang beliau kemukakan 1 dekade lalu," ujar dia

Tepat hari ini, Sang Surya dari barat Indonesia itu genap berumur 70 tahun. Surya Paloh diharapkan menjadi pelita bagi bangsa dan negara.

"Selamat ulang tahun Bapak Surya Paloh, teruslah menjadi matahari yang menyinari peradaban Indonesia, menjadi teladan bagi kita semua," kata dia.

 


(TOM)

Berita Terkait