Ratu Kecantikan Swiss Terkesima Tradisi Bersih Nagari Tulungagung

Miss Universe Swiss, Alia Suindi menyaksikan prosesi HUT Tulungagung ke-817/metrotv Miss Universe Swiss, Alia Suindi menyaksikan prosesi HUT Tulungagung ke-817/metrotv

TULUNGAGUNG: Ratusan warga saling berebut tumpeng lanang dan tumpeng wadon dalam prosesi Bersih Nagari memperingati Hari Jadi Tulungagung Ke-817.  Upacara adat kali ini menjadi lebih istimewa dengan kehadiran Miss Universe Swiss.

Upacara adat Bersih Nagari  diawali dengan kirab pataka beserta tumpeng lanang-wadon  dari Kantor Pemkab Tulungagung ke Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso,  Kamis 18 November 2022.  Prosesi upacara adat dipimpin langsung Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo.

Dua tumpeng yang berisi nasi beserta lauk pauk dan hasil bumi di gotong menuju pintu gerbang pendopo. Begitu pintu dibuka, ratusan warga yang telah menunggu langsung menyerbu tumpeng lanang dan wadon tersebut. Warga saling berebut untuk mendapatkan aneka makanan dan hasil bumi.

BACA:  2 Koleksi Museum Mpu Tantular Masuk Cagar Budaya Nasional, Ada Arca Bertangan Delapan

"Semoga ulang tahun Tulungagung ini membawa keberkahan bagi seluruh komponen masyarakat. Salah satu yang menjadi harapan besar adalah kemajuan ekonomi, " ujar  Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo.

Sementara Miss Universe Swiss, Alia Suindi beserta dua finalis lainnya juga turut menyaksikan. Ratu kecantikan Swiss tersebut bahkan sempat berkolaborasi bersama ratusan penari reog gendang.

"Peringatan hari jadi ini sangat meriah penuh dengan kegembiraan, keceriaan dan warna. Saya 12 hari akan di Tulungagung. Ada beberapa agenda seperti memasak dan berkunjung ke tempat batik, " ujarnya.

 


(TOM)

Berita Terkait