2 Koleksi Museum Mpu Tantular Masuk Cagar Budaya Nasional, Ada Arca Bertangan Delapan

Arca Durga Mahisasuramardhini/metrotv Arca Durga Mahisasuramardhini/metrotv

SIDOARJO: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menetapkan 15 Cagar Budaya Peringkat Nasional, pada periode Januari-Oktober 2022. Dua diaantaranya, Arca Durga Mahisasuramardhini dan Fosil Tengkorak Trinil yang disimpan di Museum Mpu Tantular, Sidoarjo, Jawa Timur.

Dua koleksi bersejarah di Museum Mpu Tantular tersebut masuk dalam Cagar Budaya Nasional kategori benda. Fosil tengkorak yang ditemukan Eugene Debois di Ngawi Jawa Timur pada tahun 1891, itu disebut fosil Pithecanthropus Erectus.

"Fosil manusia purba ini juga sering disebut manusia Trinil, karena penemuannya di wilayah Trinil Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, " ujar  Sadari, Kasi Preparasi dan Bimbingan Edukasi Mpu Tantular.

Fosil tengkorak manusia Ngawi tersebut, hingga saat ini masih menjadi objek penelitian arkeolog. Karena merupakan fosil tengkorak manusia purba.

BACA: 7 Cenderamata Unik untuk Tamu KTT G20, Ada dari Madura!

Sementara Arca Durga Mahisasuramardhini berasal dari Candi Jawi di Pasuruan, Jawa Timur, merupakan masterpiece koleksi Museum Mpu Tantular. Durga Mahisasuramardhini memiliki tangan delapan, dan memegang semua senjata dewa.

Durga dipercaya sengaja diciptakan, sebagai gabungan para dewa. Durga selanjutnya menaklukkan raksasa mahisasura, yang berusaha mengusir para dewa dari kahyangan.

Jika ingin melihat langsung, Museum Mpu Tantular ini dibuka untuk umum, setiap hari Selasa hingga Minggu. Khusus hari Senin museum ditutup, karena digunakan untuk membersihkan koleksi museum.

 

 


(TOM)

Berita Terkait